Keuntungan Pemasangan PLTS Atap dan Cara Mekanisme Pemasangannya

DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK – PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) Atap merupakan suatu pembangkit listrik tenaga surya dengan komponen panel  surya  yang dipasang di atap dan dinding suatu bangunan seperti rumah, kantor, pabrik, atau tempat parkir. Pemasangan dapat dilakukan sendiri, namun akan lebih baik lagi jika rencana  pemasangan dikomunikasikan dengan PLN terdekat.

PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya)


Cara Kerja PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) 

PLTS merupakan suatu pembangkit listrik yang memanfaatkan energi dari cahaya matahari untuk menghasilkan energi listrik. Komponen utaman PLTS yakni panel surya fotovoltaik yang dapat mengkonversi energi matahari menjadi energi listrik sehingga dapat di gunakan untuk kebutuhan listrik sehari-hari.

Arus listrik yang di hasilkan oleh panel surya fotovoltaik adalah arus DC (searah) sehingga dibutuhkan komponen lainnya seperti inverter untuk mengkonversi arus listrik searah (DC) ini menjadi arus listrik bolak-balik (AC).


Potensi dan Perkembangan PLTS di Indonesia

Dilansir dari lama esdm.go.id potensi dari energi surya di Indonesia sangat besar yakni mencapai sekitar 4,8 kWh/m2 atau setara dengan 112.000 GWp, namun yang baru dimanfaatkan sekitar 10 MWp. Saat ini pemerintah telah mengeluarkan roadmap pemanfaatan energi surya yang menargetkan kapasitas PLTS terpasang hingga tahun 2025 sebesar 0,87 GW atau sekitar 50 MWp/pertahun.

Masih banyak desa-desa di Indonesia yang belum mendapatkan akses listrik secara merata. Meskipun angka rasio elektrifikasi perdesaan mencapai 99,48% atau meningkat signifikan 84% dari tahun 2019, per Agustus 2020 masih terdapat 433 desa di Indonesia yang belum teraliri pasokan listrik. Secara terperinci, 433 desa tersebut terbagi di daerah Papua sebanyak 325 desa, Papua Barat sebanyak 102 desa, Nusa Tenggara Timur sebanyak 5 desa, dan Maluku 1 desa. Dengan menggunakan energi alternatif dari tenaga surya, diharapkan akses listrik akan dapat segera dinikmati secara merata oleh semua masyarakat Indonesia.


Apa Saja Keuntungan Jika Memasang PLTS Atap

Keuntungannya diantaranya sebagai berikut :
1. Dapat menghemat atau mengurangi biaya tagihan listrik bulanan. Apabila ada kelebihan tenaga listrik dari PLTS Atap, maka 65% nilai kWh ekspor menjadi pengurang tagihan listrik bulan berikutnya.
2. Mendorong peran serta masyarakat dalam pemanfaatan dan pengolahan energi terbarukan.
3. Mendorong peran serta masyarakat dalam penurunan dampak pemanasan global atau perubahan iklim.

Mekanisme Pemasangan Sistem PLTS Atap

Berikut ini mekanisme pemasangan PLTS Atap dengan PLN :
1. Pengajuan permohonan dari pelanggan untuk pemasangan sistem PLTS ke PLN terdekat
2. Setelah pelanggan selesai dengan proses administrasi, selanjutnya pelanggan akan menunggu datangnya petugas PLN untuk melakukan survei evaluasi dan verifikasi.
3. Setelah di cek oleh petugas PLN jika terdapat persyaratan addministrasi dan persyaratan teknis kurang maka, petugas PLN akan segera menginfokan.
4. Dan pelanggan harus melengkapi paling lambat 15 hari kerja setelah ada pemberitahuan dari petugas PLN.
5. Apabila berkas sudah lengkap maka petugas PLN akan melakukan pembangunan dan  pemasangan PLTS Atap.
6. Lembaga inspeksi teknis akan akan mengeluarkan Sertifikat Laik Operasi (SLO) jika dibutuhkan (15 hari jam kerja).
7. Kemudian petugas PLN akan memasang meter kWh ekspor-impor.
8. Selesai

Di masa depan kita tidak tahu, ancaman akan krisis energi listrik dapat terjadi. Mengingat efek pemanasan global yang hari ini kian terasa. Sekarang saatnya untuk beralih ke energi altgernatif menggunakan sinar surya atau matahari. Tidak hanya menghemat biaya listrik bulanan namun juga sekaligus menciptakan lingkungan energi yang bersih. Energi baru terbarukan menjadi solusi terbaik untuk masa akan mendatang.


Demikian yang dapat kita sampaikan mengenai keuntungan jika memasang PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) atap. PLTS Atap merupakan sebuah solusi terbaik dalam memanfaatkan sumber energi alternatif yang besar dan melimpah yakni cahaya matahari. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Keuntungan Pemasangan PLTS Atap dan Cara Mekanisme Pemasangannya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel