ADS 1

Isolator Jaringan Transmisi dan Distribusi Bagian 2 - DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK


DUNIAPEMBANGKITLISTRIK.COM - Berdasarkan fungsi dan konstruksinya isolator yang digunakan untuk saluran distribusi tenaga listrik dapat diklasifikasikan sebagai berikut :

ISOLATOR JENIS PASAK (Pin Type Insulator)

Isolator pasak digunakan pada tiang-tiang  yang lurus (tangent pole) dan tiang-tiang sudut (angle pole) dari sudut 5 derajat sampai 30 derajat.

Isolator pasak banyak terbuat dari porselin ataupun gelas yang dibentuk dalam bentuk kepingan  serta bagian bawahnya diberi pin atau pasak yang terbuat dari besi atau baja tempaan. Umumnya jumlah kepingan tergantung pada kekuatan elektris daripada bahan kepingan tersebut. Biasanya banyaknya kepingan maksimum 5 buah.

Isolator PasakIsolator Pasak

Isolator pasak hanya memiliki 1 keping yang biasanya digunakan pada jaringan distribusi sekunder yakni pada tegangan 6 kV ke bawah. Kekuatan tarik pada isolator jenis ini lebih rendah dibandingkan dengan isolator jenis gantung. Pemasangan isolator pasak pada tiang kayu saluran satu fasa memiliki sudut 0 derajat sampai 5 derajat dan sudut 5 derjat sampai 30 derajat, serta untuk saluran tiga fasa dengan sudut 0 derajat sampai 5 derajat dan untuk sudut 5 derajat sampai 30 derajat.

Keuntungan dari isolator jenis pasak :
- Banyak jaringan dibuat lurus
- Sudut saluran dibuat kurang dari 15 derajat
- Lebih murah
- Konstruksi tiang dibuat dengan cross –arm atau travers lebih menonjolkan ke laur sudut


ISOLATOR JENIS POS SALURAN (Line Post Type Insulator)

Isolator jenis ini digunakan pada tiang lurus (tangent pole) serta tiang sudut (angle pole) dari sudut 5 derajat sampai 15 derajat. Model isolator jenis pos saluran lebih sederhana daripada isolator jenis pasak. Diameter dari isolator ini lebih kecil dan tidak menggunakan kepingan-kepingan layaknya isolator jenis pasak.

Isolator Pos Saluran

Bagian atas dari isolator ini diberi tutup (cap) dan bagian bawah diberi pasak. Bahan utama yang digunakan untuk isolator jenis ini adalah bahan porselin yang harganya murah.

Isolator Pos Saluran

Kekuatan mekanisnya isolator jenis ini lebih tinggi dibandingkan dengan isolator jenis pasak. Isolator jenis pos saluran digunakan pada jaringan distribusi 20 kV, dengan memiliki tegangan tembus 35 kV serta kekuatan tariknya (tensile strenght) 5000 pon.


ISOLATOR JENIS BATANG PANJANG (Long Rod Insulator)

Isolator jenis batang memiliki sedikit bagian logam sehingga tidak mudah rusak dan cocok sekali digunakan pada tempat-tempat yang dikotori dengan garam serta debu.

Isolator Batang Panjang


ISOLATOR JENIS GANTUNG (Suspension Type Insulator)

Isolator jenis ini digunakan pada tiang sudut (angle pole) dari sudut 30 derajat sampai 90 derajat, tiang belokan tajam serta tiang ujung (deadend pole).

Isolator Gantung

Isolator jenis ini lebih kokoh dan kuat dalam penggandengannya karena diujungnya digunakan mur dan baut untuk mengikatnya. Isolator jenis gantung terdiri dari sebuah piringan dari bahan porselin, tutup (cap) dari bahan besi tempaan serta pasak yang tervuat dari bahan baja yang diikatkan dengan semen, sehingga terbentuk satu unit isolator berkualitas tinggi.

Isolator gantung hanya mempunyai 1 piringan saja yang dibuat dari bahan porselin atau dari bahan gelas biru kelabu atau blue gray glaze. Pada umumnya isolator gantung digunakan untuk jaringan distribusi primer.

Menurut konstruksinya isolator gantung dikenal dua jenis, yaitu :

- Jenis clevis

Jenis ini mempunyai bentuk cap serta pasaknya berbentuk pipih dengan lubang ditengahnya untuk penggandengan.

- Jenis ball and socket

Jenis ini memiliki bentuk cap berlubang untuk menyangkutkan pasak yang berbentuk bulat, sehingga penggandengannya tidak menggunakan baut lagi.

Isolator Gantung Clevis dan Ball and Socket

Umumnya saluran transmisi banyak menggunakan isolator jenis gantung karena, memiliki kekuatan mekanis yang tinggi bila digandengkan. Maka, banyak digunakan dalam menahan besarnya tarikan (ketegangan) kawat pada tiang-tiang sidit (angle pole), tiang belokan tajam serta tiang ujung (deadend pole).


ISOLATOR JENIS CINCIN (Spool Type Insulator)

Isolator jenis ini digunakan pada tiang-tiang lurus (tangent pole) dengan sudut dari 0 derajat sampai 10 derajat, yang dipasang secara horizontal ataupun vertikal.

Bentuk dari isolator cincin yakni bulat berlubang ditengahnya menyerupai cincin yang terdapat satu atau dua lekukan saja. Isolator jenis cincin seluruhnya terbuat dari bahan porselin. Isolator jenis cincin tidak menggunakan pasak. Kualitas tegangan dari isolator jenis ini lebih rendah tidak lebih dari 3 kV.

Isolator Cincin

Biasanya isolator cincin dipasang pada jaringan distribusi sekunder dan saluran pelayanan ke rumah-rumah. Pemasangan horizontal pada jaringan lurus (tangent line) dengan sudut antara 0 derajat sampai 10 derajat sedangkan pada jaringan lurus (angle line) lebih dari 10 derajat dipasang pada kedudukan vertikal.

Semuanya  dipasang pada tiang penyangga dengan jarak 1 meter atau 60 cm dari palang kayu (cross arm).


PASANGAN ISOLATOR

Pasangan isolator dibuat dari besi baja yang disesuaikan berdasarkan dengan tegangan, jenis serta ukuran penghantar, kekuatan mekanis serta dari konstruksi penopangnya.

-  Busur Tanduk atau Tanduk Api dan Cincin Perisai

Apabila terjadi lompatan api atau flashover pada gandengan isolator, maka isolatornya akan rusak. Untuk menghindari hal tersebut, maka  gandengan isolator gantung dan isolator batang panjang dipasang sebuah busur tanduk (arching horns). Yang mana busur tanduk ditempatkan dibagian atas dan bagian bawah dari gandengan isolator, serta dibentuk dengan sedemikian rupa sehingga busur api tidak akan mengenai daripada isolator itu sendiri saat terjadinya loncatan bunga api.

Gandengan Isolator Gantung

Biasanya jarak antara tanduk atas dan bawah yaitu 75-85 % dari panjang gandengan. Busur tanduk biasanya digunakan pada saluran transmisi dengan tegangan diatas 110 kV atau diatas 66 kV pada daerah dengan tingkat isokeronik tinggi.

- Jepitan

Pada penghantar dipakai pengapit tegangan (suspension clamps) serta pengapit tarikan (tension clamps) sedangkan untuk kawat tanah dipakai pengapit sederhana. Ada 2 jenis pengapit gantung yakni yang satu dengan batang pelindung dan satunya tanpa batang pelindung (armor rods).
Agus Prasetiyo fb.com/agusprasetiyodaily

Belum ada Komentar untuk "Isolator Jaringan Transmisi dan Distribusi Bagian 2 - DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel