ADS 1

Rancangan dan Operasi pada Turbin Kaplan - DUNIAPEMBANGKITLISTRIK.COM

Turbin Kaplan
DUNIAPEMBANGKITLISTRIK.COM - Hi, Electriczen. Turbin Kaplan adalah turbin air tipe baling-baling yang memiliki bilah yang dapat disesuaikan.

Ini dikembangkan sekitar tahun 1913 oleh profesor Austria Viktor Kaplan, dengan menggabungkan baling-baling yang disesuaikan secara otomatis dengan gerbang gawang yang mana secara otomatis untuk mencapai efisiensi pada berbagai aliran dan ketinggian air.

Turbin Kaplan pada dasarnya adalah baling-baling dengan bilah yang dapat disesuaikan di dalam tabung. Ini adalah turbin aliran aksial, yang berarti bahwa arah aliran tidak berubah saat melintasi rotor.

Area yang dapat dimasuki air oleh turbin ini besar, sama dengan seluruh area yang ditempati bilah. Karena itu, turbin Kaplan paling berguna di mana volume besar aliran air, dan dapat digunakan bahkan di bendungan dengan head yang relatif rendah.

Ini sangat penting karena sebelumnya untuk pengembangan turbin Kaplan, kebanyakan turbin hanya cocok untuk kepala air besar. Viktor Kaplan merancang turbin ini dari desain baling-baling kapal, dan karena itu mereka bekerja pada dasarnya dengan cara yang berlawanan sebagai baling-baling.

Rancangan

Turbin ini harus dirancang sedemikian rupa sehingga memungkinkan sejumlah besar air mengalir melaluinya tanpa merusaknya. Cara turbin Kaplan dirancang sedikit berbeda dari turbin lainnya. Turbin ini jauh lebih sederhana. Ada saluran yang mengalirkan air ke arah radial, dan baling-baling pemandu khusus - bilah stasioner yang mengarahkan air secara tiba-tiba sehingga masuk ke turbin ke arah aksial.

Turbin itu sendiri dilengkapi dengan beberapa bilah rotor yang terpasang langsung ke poros tengah turbin. Bilah-bilah ini terpasang dengan sambungan yang dapat bergerak sehingga sudutnya dapat diubah, memastikan bahwa ada efisiensi maksimum untuk laju aliran dan kepala air tertentu.

Penting untuk dicatat bahwa bilah turbin ini tidak rata, sebaliknya bilahnya sedikit berputar karena bagian luar bilah bergerak lebih cepat daripada bagian dalam.

Operasi

Cara air dipindahkan melalui turbin Kaplan sedikit berbeda dari turbin lainnya. Pertama, air diarahkan ke turbin secara radial, mendekati dari samping. Ini dilakukan karena generator biasanya terletak di suatu tempat di sepanjang sumbu rotasi turbin, jadi jika generator itu berada di sini akan menjadi basah.

Sebaliknya, baling-baling pandu dengan cepat mengambil air melalui putaran sembilan puluh derajat sehingga menyentuh bilah secara aksial. Selain mengarahkan air, baling-baling ini disejajarkan untuk memberi air jumlah "putaran".

Air kemudian bergerak turun di atas baling-baling baling-baling, memutarnya dengan "putaran" air. Jenis turbin ini dikenal sebagai turbin reaksi karena gaya reaksi dari dorongan air pada baling-baling memaksa baling-baling untuk bergerak. Air meninggalkan turbin secara aksial.
Agus Prasetiyo fb.com/agusprasetiyodaily

Belum ada Komentar untuk "Rancangan dan Operasi pada Turbin Kaplan - DUNIAPEMBANGKITLISTRIK.COM"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel