ADS 1

Pengertian & Macam-Macam Alat Berat Crane - DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK


Pengertian & Macam-Macam Alat Berat Crane
DUNIAPEMBANGKITLISTRIK.COM – Hi, Electriczen. Hampir seluruh pembangkit listrik dalam proses pembangunannya memerlukan alat berat crane dalam mendukung semua prosesnya.

Pada kesempatan ini kami akan menjelaskan ke Electriczen mengenai  pengertian dan macam-macam alat berat crane. Crane merupakan sebuah perangkat berat atau heavy equipment yang dipakai untuk pengangkat dalam proyek konstruksi.

Crane dapat berputar 360 derajat dan jangkauannya sampai puluhan meter. Crane juga sering dipakai dalam kegiatan pelabuhan, bengkel, industri, pergudangan, dll.

Berikut ini beberapa macam-macam crane :

1. Crane Crawler

Jenis ini biasa digunakan pada proyek pembangunan yang jangkauannya tidak terlalu panjang dan hampir serupa dengan mobil crane. Crawler crane pada bagian atasnya bisa bergerak 360 derajat.
Jenis ini memiliki roda lantai (crwaler), roda tersebut bisa digunakan pada berbagai medan.

Tetapi, jenis ini harus diangkat menggunakan truck trailer untuk sampai ke lokasi. Pada saat diangkut, nagian boom terlebih dahulu harus dibongkar dan dipasang kemabli saat digunakan. Untuk cara pengoperasiannya sama dengan mobil crane. Kelebihan jenis ini yaitu mampu bergerak saat sedang mengangkat beban.

2. Mobile Crane atau Truck Crane

Mobile crane atau truck crane merupakan jenis crane yang ada langsung pada mobie atau truck. Jenis ini mudah dibawa menuju tempat proyek tanpa bantuan kendaraan tambahan. Crane jeni ini memiliki kaki atau pondasi yang bisa dipasang pada saat beroperasi untuk mengawal crane agar tetap seimbang dan mobile crane dapat berputar 360 derajat.

3. Tower Crane

Tower crane merupakan alat pengangkat yang dipakai untuk mengangkat material atau benda baik secara vertikal atau horizontal ketempat yang tinggi pada ruang gerak yang terbatas.

Crane jenis ini dibagi menurut teknik crane itu berdiri yaitu :
- Free staanding crane (crane yang berdiri bebas)
- Rail mounted crane (crane yang diatas rel)
- Climbing crane (crane panjat)
- Tield-in crane (crane yang ditambatkan pada bangunan)

4. Hidraulic crane

Pada umumnya semua jenis crane menggunakan sistem hidraulikatau minyak dan udara atau pneumatik untuk dapat bekerja. Hidraulic crane merupakan jenis crane yang biasa digunakan pada perbengkelan dan pergudangan, dll yang memiliki konstruksi sederhana. Jarak yang mampu dijangkau hanya 180 derajat.


Beberapa faktor luar yang harus diperhatikan dalam menentukan kapasitas alat atau crane :
- Kekuatan angin terhadap alat itu
- Ayunan beban saat dipindah
- Kecepatan pemindahan benda
- Pengereman mesin saat pergerakannya
Agus Prasetiyo fb.com/agusprasetiyodaily

Belum ada Komentar untuk "Pengertian & Macam-Macam Alat Berat Crane - DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel