Estimasi Pasokan Batubara Untuk PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap) - DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK


Estimasi Pasokan Batubara Untuk PLTU
DUNIAPEMBANGKITLISTRIK.COM – Batu bara merupakan hasil dari akumulasi material organik yang berasal dari sisa tumbuhan yang telah mengalami proses litifikasi untuk membentuk lapisan batubara.

Material organik tersebut sudah terkompaksi, ubahan kimia dan metamorfosis oleh adanya peningkatan panas serta tekanan selama periode geologi. Unsur utama yang terkandung di dalam batubara antara lain karbon, hidrogen dan oksigen.


Berdasarkan nilai kalorinya, batubara di Indonesia dikelompokkan sebagai berikut :

1. Batubara Kalori Rendah

Batubara kalori rendah adalah jenis batubara yang paling rendah yang mempunyai sifat lunak-keras, mudah diremas, kadar air tinggi sekitar 10-70%, terlihat struktur kayu dan nilai kalorinya kurang dari 5.100 kal/gr (adb).

2. Batubara Kalori Sedang

Batubara kalori sedang adalah jenis batubara yang tingkatannya lebih tinggi daripada batubara kalori rendah. Batubara jenis ini bersifat lebih keras, mudah diremas-tidak bisa diremas, kadar air rendah, struktur kayu masih tampak, nilai kalorinya 5.100 – 6.100 kal/gr (adb).

3. Batubara Kalori Tinggi

Batubara kalori tinggi adalah jenis batubara yang tingkatannya lebih tinggi lagi, kadar air lebih rendah dibanding dengan batubara kalori sedang, struktur kayu tidak nampak dan nilai kalorinya 6.100 – 7.100 kal/gr (adb).

4. Batubara Kalori Sangat Tinggi

Batubara kalori sangat tinggi adalah jenis batubara yang tingkatannya paling tinggi. Pada umumnya dipengaruhi oleh intrusi atau struktur lainnya, kadar air sangat rendah dan nilai kalorinya lebih dari 7.100 kal/gr (adb). Pada kelas ini dibuat untuk membatasi dalam batubara kalori tinggi.


Kebutuhan batubara sangatlah penting untuk diperhitungkan dalam pembangunan PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap), karena batubara berperan sebagai bahan bakar utama PLTU dalam menghasilkan listrik.  Berikut rumus untuk menghitung volume bahan bakar batubara yang dibutuhkan adalah sebagai berikut :

                P  x  F  x  cf  x  t
V =       ________________

                                     
                     eff  x  E


Keterangan :

V : Jumlah kebutuhan batubara (kg)
P : Daya pembangkit (MW)
F : Faktor Konversi
cf : Kapasitor Faktor
t : Waktu dalam 1 tahun (jam)
eff : Efisiensi Pembakaran
E : Nilai kalori batubara (kkal/kg)

Belum ada Komentar untuk "Estimasi Pasokan Batubara Untuk PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap) - DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel