ADS 1

Faktor yang Menyebabkan kWh Meter Listrik Prabayar Bertuliskan "Periksa" - DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK


Faktor yang Menyebabkan kWh Meter Listrik Prabayar Bertuliskan "Periksa"

DUNIAPEMBANGKITLISTRIK.COMHi Electrizen, apakah Anda masih menggunakan listrik pascabayar? Atau bahkan sudah beralih ke listrik prabayar? Keduanya menjadi pilihan bagi setiap penghuni rumah dalam memenuhi kebutuhan listrik.

Saat ini sudah banyak masyarakat Indonesia yang beralih menggunakan listrik prabayar yang mana sebelumnya telah menggunakan listrik pascabayar.

Electrizen, namun disisi lain masih banyak masyarakat yang maish bertahan menggunakan listrik pascabayar dengan berbagai alasan, mulai dari enggan untuk merogoh kantong untuk biaya penggantian alat, bingung dengan sistem prabayar dan masih banyak lagi.

Pemerintah lewat PLN menggalakkan sistem pembayaran listrik prabayar (listrik pintar) yang mana dianggap bisa membantu masyarakat menghemat dalam segi pengeluaran.

Electrizen perlu diketahui sebelum menggunakan listrik dengan sistem prabayar, perumahan di Indonesia menerapkan sistem listrik pascabayar, yang mana penghuni rumah akan menerima tagihan listrik setiap akhir bulannya, sesuai energi listrik yang terpakai.

Dengan menggunakan sistem prabayar, penghuni rumah bisa mengetahui total pemakaian dan mengatur sendiri sesuai kebutuhan energi. Electrizen, tidak perlu cemas terkait harga voucher listrik (listrik pintar) dikarenakan harga bervariasi sesuai dengan kebutuhan kita dan jika ada kenaikan tarif daya listrik (TDL) tidak berpengaruh dengan harga.

Pada kesempatan ini kami akan bukan menjelaskan tentang perbedaan listrik pascabayar dengan listrik prabayar melainkan menjelaskan mengenai ada beberapa faktor yang menyebabkan kWh meter bertuliskan “Periksa”.

Apabila dirumah Electrizen,mengalami kWh meter bertuliskan “Periksa” jangan diutak-atik sendiri melainkan segera telpon call center PLN 123.

Berikut ada beberapa faktor yang menyebabkan kWh meter bertuliskan “Periksa”. Apa aja sih. Simak yuk!


1. Arus Bocor


Kebocoran arus listrik disebabkan oleh cara penyambungan atau kondisi kabel yang buruk. Hal ini menyebabkan kabel terkelupas yang mana sangat berbahaya memicu percikan api dan kebakaran. Maka dari itu, pemeriksaan instalasi sangatlah penting dan pastikan Electrizen telah memiliki Sertifikat Laik Operasi (SLO).
.
2. Arus Balik Pembumian (Grounding)



Arus balik pembumian (grounding) disebabkan oleh cara sistem pembumian instalasi rumah yang buruk atau tidak tepat. Sistem pembumian ini sangat penting sebagai pengaman apabila terjadi gangguan. Maka dari itu, pemeriksaan instalasi sangatlah penting dan pastikan Electrizen telah memiliki SLO (Sertifikat Laik Operasi)

3. Tombol Tamper


Tombol yang berfungsi sebagai pengaman meteran dari gangguan luar seperti orang yang akan membuka meteran. Ketika cover dibuka, otomatis tombol temper akan menyala dan terjadilah eror lalu muncul tulisan “Periksa”. Jangan sampai deh kita utak-atik kWh meter sendiri karena itu termasuk pelanggaran dan bisa kena Penertiban Pemakaian Tenaga Listrik (P2TL), ada dendanya dan bahkan sampai pidana


Nah, jadi Electrizen apabila terjadi sesuatu pada kWh meter, langsung hubungi Contact Center PLN 123 dulu. Jangan sekali-kali mengutak-atiknya sendiri, karena selain berbahaya dan juga mengakibatkan kebakaran jika tidak pas dalam melakukan perangkaian kabel.

Belum ada Komentar untuk "Faktor yang Menyebabkan kWh Meter Listrik Prabayar Bertuliskan "Periksa" - DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel