ADS 1

DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK : Mengapa Turbin Uap Biasanya Hancur ?

DUNIAPEMBANGKITLISTRIK.COM – Hi Electriczen. Turbin uap adalah mesin yang menggerakkan pembangkit listrik di pembangkit listrik, dan dengan demikian adalah beberapa komponen penting yang paling penting dalam sebuah pabrik.

Tetapi banyak pembangkit mengalami masalah dengan turbin uapnya selama bertahun-tahun, membutuhkan perbaikan, peningkatan, perbaikan, atau penggantian langsung. Itu karena ada beberapa masalah yang biasanya menyebabkan keausan, kerusakan, dan kegagalan peralatan.

Jika Anda mengetahui masalah ini sebelumnya, Anda dapat mengurangi atau mencegah downtime, sehingga menghemat uang dan bahkan meningkatkan efisiensi.

Berikut adalah masalah umum untuk bagian tekanan tinggi dan bagian tekanan rendah hingga menengah di turbin uap.

1. Masalah Umum dengan Turbin Uap Tekanan Tinggi

Bagian turbin tertentu yang beroperasi di lingkungan bertekanan tinggi menghadapi tantangan khusus di luar yang dihadapi turbin lain. Alasan mengapa sederhana: bagian-bagian ini terkena tekanan yang lebih tinggi dan suhu yang lebih tinggi, terutama di bagian tekanan tinggi (HP).

Salah satu masalah adalah dengan izin. Turbin yang lebih tua, atau turbin dengan bagian HP yang lebih lama, memiliki masalah dengan pembersihan yang tepat yang dapat menyebabkan kebocoran uap. Seringkali kelonggaran tidak cukup ketat, biasanya karena distorsi cincin pisau dan casing bagian dalam yang dapat merusak komponen yang mempengaruhi ketatnya jarak bebas.

Masalah lain datang dengan lubang masuk uap. Mungkin saja ruang nozzle mengalami kegagalan sambungan las. Selain itu, cincin segel dapat terdistorsi, yang mengakibatkan hilangnya tekanan uap. Kedua situasi ini dapat mengurangi kinerja dan membutuhkan lebih banyak bahan bakar yang dibakar untuk mendapatkan hasil yang sama, yang secara langsung memengaruhi garis bawah pabrik Anda.

Melemparkan baut yang retak berkat suhu tinggi dan mudah untuk melihat bagaimana bagian turbin bertekanan tinggi rentan terhadap masalah yang disebabkan oleh lingkungan operasi yang ekstrem.

2. Masalah Sering Terlihat pada Turbin Tekanan Rendah dan Menengah

Bagian tekanan rendah hingga menengah dalam turbin juga memiliki masalah. Sebagai permulaan, distorsi masih menjadi masalah di bagian ini. Selain itu, keandalan rotor dikurangi dengan bore tengah di bagian LP serta disc yang menyusut yang dapat meningkatkan getaran poros turbin, sehingga menghasilkan kinerja yang lebih rendah. Ini biasanya ditemukan dengan rotor yang lebih tua. Masalah lain yang ditemukan di bagian turbin yang lebih lama melibatkan airfoil silinder yang menawarkan kinerja lebih rendah daripada versi yang lebih modern.

Banyak masalah yang sering dihadapi pemilik pabrik dengan bagian bertekanan rendah dan menengah disebabkan oleh komponen yang lebih lama yang tidak seefisien atau dapat diandalkan seperti versi yang lebih baru dan lebih maju. Sebagian masalahnya adalah bahwa pemilik lebih fokus pada pemeliharaan dan peningkatan bagian HP daripada bagian LP atau IP, meskipun dua bagian terakhir membutuhkan perhatian dan pemeliharaan rutin.


Cara Mengatasi Masalah Umum Ini

Cara terbaik untuk mengatasi masalah ini sejak awal, dengan kata lain, adalah melakukan jadwal perawatan yang ketat yang memeriksa setiap bagian dan komponen penting secara teratur. Tidak cukup hanya dengan melihatnya saja, Anda juga perlu terlibat dalam analisis data yang didukung oleh pemodelan komputer untuk memantau keausan, dan degradasi bertahap. Juga, memiliki sistem dimana pengelola dapat diperingatkan jika komponen mencapai ambang tertentu dapat mencegah kegagalan peralatan melalui perbaikan atau penggantian tepat waktu.

Jika analisis menentukan bahwa Anda memerlukan retrofit, ada beberapa opsi, mulai dari minimal hingga ekspansif dalam hal cakupan. Di ujung bawah, Anda dapat melakukan sedikit modifikasi pada unit tertentu untuk mencapai tujuan tertentu untuk kinerja unit itu. Di atas itu, Anda dapat memutakhirkan seluruh jalur uap, untuk menyertakan segel baru dan rotor baru. Akhirnya, Anda mungkin harus mengganti seluruh bagian turbin.

Tetapi terlepas dari retrofit apa yang dibutuhkan, Anda dapat mengurangi kemungkinan kegagalan peralatan melalui pemeliharaan yang melihat retrofits sebagai proses optimisasi terencana yang dapat diprediksi daripada perbaikan darurat. Selalu lebih baik untuk merencanakan perbaikan dan peningkatan karena analisis dan pemantauan sistem yang cermat daripada dipaksa untuk mengambil tindakan karena sistem itu tidak dipelihara dengan baik.

Belum ada Komentar untuk "DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK : Mengapa Turbin Uap Biasanya Hancur ? "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel