Tahapan Mencari Kerusakan Pada Sistem Hidrolik - DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK


Tahapan Mencari Kerusakan Pada Sistem Hidrolik
DUNIAPEMBANGKITLISTRIK.COM – Mesin (alat hidrolik) yang digunakan bekerja, sering mengalami kerusakan atau gangguan sehingga tak dapat dioperasikan adapun, tanda – tanda kerusakan yang biasa terjadi pada sistem hidrolik sebagai berikut :

- Sistem berhenti

Artian disini yaitu dalam keadaan beroperasi tiba-tiba sistem berhenti atau pada waktu akan dioperasikan sistem tidak bekerja.

- Getaran yang berlebihan

Apabila terjadi getaran yang tak seperti biasanya selama beroperasi atau getaran yang berlebihan berarti ada kelainan. Kelainan itu bisa disebabkan oleh apa dan bagian mana, maka itu yang harus dicari.

- Terdengar suara asing

Suara asing yang tak dapat didengar perlu dicurigai serta perlu dicermati kemudian segera pengambilan keputusan.

- Meningkatnya suhu alat

Jika suhu meningkat dengan signifikan perlu segera diberhentikan mesin dan selanjutnya diselidiki kelainan apa yang terjadi.

- Tercium bau asing

Jika timbul adanya bau-bau yang tak biasanya terjadi, seperti bau terbakar, maka segera diselidiki dengan memberhentikan mesin terlebih dahulu.


Apabila muncul tanda-tanda seperti diatas pada saat mengoperasikan sistem hidrolik (kondisi bekerja), maka operator alat harus segera menghentikan alat dan lapor kepada bagian enginering atau maintenance. Didalam melakukan analisa atau pencarian gangguan pada sistem hidrolik, teknisi dianjurkan untuk melakukan tahapan dalam mencari kerusakan tersebut, diantaranya :

1. Menguasai sistem

Agar dapat menguasai sistem seorang teknisi harus mempelajari seperti manual book alat berat itu sendiri.

2. Mencari informasi dari operator

Setelah menguasai sistem teknisi harus mencari informasi dari operator yang mengoperasikan mesin tersebut, kapan terjadinya gangguan dan bagaimana kronologi kejadiannya.

3. Mengoperasikan alat

4. Menginspeksi alat

5. Membuat daftar kemungkinan penyebab gangguan atau kerusakan

6. Mengambil keputusan

7. Mengetes kerusakan

0 Response to "Tahapan Mencari Kerusakan Pada Sistem Hidrolik - DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel