Sistem Pneumatik - DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK


Sistem Pneumatik
DUNIAPEMBANGKITLISTRIK.COM – Pneumatik berasal dari bahasa Yunani “Pneuma” yang artinya tiupan atau angin.

Pneumatic merupakan ilmu yang mempelajari tentang teknik pemakaian udara yang bertekanan yang digunakan untuk berbagai keperluan terbatas, antara lain menambah tekanan udara ban mobil atau motor, melepaskan ban mobil dari peleknya, membersihkan kotoran dan sejenisnya.

Sekarang, sistem pneumatik banyak di aplikasikan banyak ke industri maupun pembangkit listrik.

Udara di permukaan bumi terdiri dari beberapa macam komposisi gas diantaranya 78% vol. Gas, 21% vol. Gas Nitrogen dan 1% gas lainnya misalnya karbondioksida (CO2), argon, helium, krypton, neon dan xenon. Pada sistem pneumatik udara difungsikan sebagai media transfer dan sebagai penyimpan tenaga yaitu dengan cara dikempa atau dimampatkan.

Udara termasuk golongan zat fluida karena sifatnya selalu mengalir dan dapat dikempa (compressible).


Karakteristik Udara

Karakteristik udara dapat diidentifikasikan yakni sebgai berikut :
- Udara mengalir dari tekanan yang tinggi ke tekanan yang rendah
- Volume udara tidak tetap
- Udara dapat dikempa
- Berat jenis udara yakni 1,3 kgm3
- Udara tidak berwarna


Keuntungan dan Kerugian Pemakaian Udara Kempa

Penggunaan udara kempa pada sistem pneumatik memiliki beberapa keuntungan antara lain sebagai berikut :
1. Ketersediaan yang tak terbatas, udara tersedia dialam sekitar kita dalam jumlah yang tak terbatas sepanjang waktu dan tempat.
2. Mudah disalurkan, udara mudah dipindahkan dari suatu tempat ke tempat lainnya melalui pipa yang kecil, panjang dan berliku.
3. Fleksibilitas temperatur, udara dapat fleksibel digunakan dalam berbagai temperatur yang diperlukan, melalui peralatan yang dirancang untuk keadaan tertentu, bahkan dalam kondisi yang ekstrim udara dapat masih bekerja.
4. Aman, udara dapat dibebani dengan lebih, tidak mudah terbakar dan tidak dapat menyebabkan hubungan pendek atau meledak.
5. Bersih, udara yang berada disekitar kita cenderung bersih tanpa mengandung zat kimia yang berbahaya.
6. Pemindahan daya dan kecepatan sangat mudah diatur. Udara dapat melaju dengan kecepatan yang dapat atur dari rendah ke tinggi maupun sebaliknya. Apabila aktuator menggunakan silinder pneumatik, maka kecepatan torak dapat mencapai 3 m/s, motor pneumetik putarannya dapat mencapai 30.000 rpm dan sistem motor turbin dapat mencapai 450.000 rpm.
7. Dapat disimpan, udara dapat disimpan dengan tabung yang diberi pengaman terhadap kelebihan tekanan udara.
8. Mudah dimanfaatkan, udara dapat dimanfaatkan baik secara langsung ataupun tidak langsung

Selain memiliki keuntungan seperti diatas, pneumetik juga memiliki kelemahan sebagai berikut ini :
1. Memerlukan instalasi peralatan penghasil udara. Udara kempa harus dipersiapkan secara baik sehingga memenuhi kriteria tertentu, misalnya kering atau basah.
2. Mudah terjadi kebocoran. Salah satu sifat udara yang bertekanan ialah ingin selalu menempati ruang yang kosong dan tekanan udara susah dipertahankan dalam waktu bekerja. Oleh karena itu, diperlukan sebuah seal agar udara tidak bocor.
3. Menimbulkan suara bising. Pneumatik menggunakan sistem terbuka, yakni udara yang telah digunakan akan dibuang ke luar sistem, udara yang keluar cukup keras dan berisik sehingga menimbulkan suara bising terutama pada saluran buang. Cara untuk mengatasinya yaitu dengan memasang peredam suara pada saluran buangnya.
4. Mudah mengembun. Udara bertekanan mudah mengembun, sehingga sebelum memasuki sistem harus diolah terlebih dahaulu agar memenuhi persyaratan tertentu, misalnya kering, memiliki tekanan yang cukup, dan sedikit mengandung pelumas agar mengurangi gesekan pada katup dan aktuator.

0 Response to "Sistem Pneumatik - DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel