Mekanisme Pemanas Air Pengisian Ketel ( Economizer ) - DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK


Economizer
DUNIAPEMBANGKITLISTRIK.COM – Economizer juga dapat diartikan sebagai penghemat bahan bakar dalam proses pemanasan air pada boiler.

Economizer merupakan sebagai alat penukar panas aliran silang yang mana panas yang dipindahkan dari gas asap (hasil pembakaran) ke feed water (air pengisian) yang sedang masuk.

Fungsi dari economozer yaitu sebagai pemanas awal feed water sebelum masu ke dalam steam drum. Economizer terisolasi dengan rapat sehingga tidak ada udara luar yang bisa masuk dan mengganggu penyerapan panas pada pipa economizer.

Sedangkan dinding economizer terbuat dari isolasi rock wall yang mana bahan tersebut tahan panas yang tinggi dan tidak banyak menyerap panas (kalor).

Pemanas air pengisian memiliki 2 inlet header dan 2 outlet header yang mana inlet header pada economizer 1 dan economizer 2, begitu juga pada outlet header berada pada economizer 1 dan economizer 2.

Apabila 2 sistem yang suhunya berbeda disinggungkan maka akan terjadi perpindahan energi, proses tersebut disebut perpindahan panas. Apa yang ada pada perpindahan panas disebut heat, tidak dapat diukur (diamati) secara langsung tapi pengaruhnya dapat diukur (diamati).

Hampir semua dari cabang perekayasaan dijumpai masalah perpindahan panas yang tidak dapat dipecahkan dengan penalaran thermodinamika, akan tetapi memerlukan analisa yang didasarkan pada ilmu perpindahan panas.

Perpindahan panas dapat dilakukan sebagai berikut :
- Secara molekuler atau sering disebut konduksi. Konduksi merupakan perpindahan panas yang tidak disebabkan gerak mikroskopik medianya, akan tetapi disebabkan dari gerak molekuler medianya.
- Secara aliran atau disebut konveksi. Konveksi merupakan perpindahan panas dari satu daerah ke daerah lainnya pada cairan atau gas dengan cara mencampurkan suatu bagian dari cairan itu ke cairan lainnya.
- Secara gelombang elektromagnet atau disebut dengan radiasi. Radiasi merupakan perpindahan panas dari suatu benda ke benda lainnya yang tak bersentuhan dengan benda itu dengan perantara gerak gelombang melalui ruang

Tujuan dari penggunaan efisiensi dari ketel uap disamping mencegah suhu air dalam boiler tidak naik secara mendadak dengan kata lain economizer merupakan alat peningkatan efisiensi boiler dengan jalan mengabsorbsi kembali panas gas asap. Semakin rendah suhu (temperatur) gas asap keluar dari stack, semakin kecil pula kerugian stack dan semakin berkurang juga  dari kebutuhan bahan bakar untuk membentuk uap.

Keuntungan – keuntungan dari pemanas awal terhadap air umpan pada masuk saat ke dalam drum ketel, sebagai berikut :
1. Dinding ketel tidak mengerut sehingga drum ketel lebih awet
2. Dengan memanfaatkan kembali gas asap yang masih mempunyai temperatur cukup tinggi untuk memanasi air  sebelum masuk ke drum ketel, berarti memperbesar efisiensi ketel uap karena mampu memperkecil kerugian panas pada ketel
3. Dengan air yang dalam keadaan panas masuk kedalam ketel uap untuk menguapkannya maka hanya dibutuhkan sedikit panas, sehingga untuk menguapkan air tersebut hanya dibutuhkan sedikit bahan bakar
4. Apabila air telah keadaan panas masuk ke drum ketel maka untuk menguapkannya dibutuhkan panas yang sedikit sehingga luas bidang yang dipanaskan dari penguap menjadi lebih sedikit.
5. Akibatnya sedikit ukuran – ukuran tungku menjadi kecil dan harga tungku lebih murah (harga investasi tungku lebih kecil)

0 Response to "Mekanisme Pemanas Air Pengisian Ketel ( Economizer ) - DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel