Masalah - Masalah Pada Boiler | DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK


Masalah - Masalah Pada Boiler | DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK
DUNIAPEMBANGKITLISTRIK.COM - Boiler merupakan suatu alat yang berfungsi untuk memanaskan air dengan menggunakan panas dari hasil pembakaran bahan bakar.

Boiler sangat memiliki peranan penting sebagai tempat mengubah fase cair ke fase uap yang bertekanan tinggi lebih dari 1 atm dengan cara memanfaatkan panas.

Masalah – masalah pada Boiler

Kerak

1. Tekanan rendah

Gejala : Pembentukan kerak hardness atau silica pada heating surface dan dinding boiler embrittlement serta menyebabkan retak atau pecah-pecah pada pipa.

Penyebab : Mutu air yang rendah dan resin penukar ion tidak bekerja, kontrol buruk pada air boiler (kurangnya blowdown), pemberian dosis kimia dibawah anjuran.

2. Tekanan menengah atau tinggi

Gejala : Timbulnya kerak berupa oksida logam pada bagian yang paling panas yang kemudian diikuti dengan terjadinya embrittlement dan pecah pada pipa.

Penyebab : Mutu air yang rendah dan resin penukar ion tidak bekerja, terkontaminasi oleh hydrat logam yang disebabkan rendahnya mutu air yang dihasilkan, produk korosi yang masuk boiler dari umpan kondensat line.


Korosi

1. Tekanan rendah

Gejala : Korosi pada heating surface, pipa pada air umpan dan kondensat disebabkan oleh gas terlarut (O2 atau CO2), kerak dari produksi korosi akibat akumulasi oksida logam dan hydrat pada heating surface.

Penyebab : Rendahnya pH dan oksigen scavenging, kondensat yang digunakan mengandung korosi, korosi terjadi pada saat shutdown atau boiler tidak digunakan.

2. Tekanan menengah atau tinggi

Gejala : Korosi dari produksi korosi akibat akumulasi oksida logam dan hydrat pada heating surface, terjadinya korosi kaustik, terjadinya korosi pada pipa air umpan dan pipa kondensat disebabkan gas terlarut.

Penyebab : Produksi korosi pada pipa air umpan dan kondensat masuk boiler, kurangnya kontrol pH, kurangnya kontrol air terutama pH dan P. Alkalinity, meningkatkan pH air boiler akibat kebocoran Na dari demineralizer.


- Carryover


1. Tekanan rendah

Gejala :  kemurnian uap turun

Penyebab : perubahan loading yang mendadak, kurangnya kontrol operasi, steam separator dan sistem kontrol feedwater tidak berfungsi, masuknya impurities dari proses produksi ke boiler.

2. Tekanan menengah atau tinggi

Gejala : terjadinya embrittlement atau pecahnya pipa superheater, pembentukan kerak apda baling-baling trubin serta berkurangnya efisiensi turbin.

Penyebab : mutu air boiler yang buruk terutama besarnay kandungan silica, padatan tersuspensi dan hyrat logam masuk boiler disebabkan peralatan feedwater treatment tidak bekerja, pemberian kimia yang tidak pada tempatnya, perubahan loading yang mendadak, masuknya impurities dari proses produksi ke boiler.

0 Response to "Masalah - Masalah Pada Boiler | DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel