Pengertian Pompa Dinamik dan Jenis - Jenisnya | DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK

Pompa
DUNIAPEMBANGKITLISTRIK - Pompa merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk menggerakkan fluida dengan memberikan gaya tekan terhadap fuida yang akan dipindahkan.

Dengan menggunakan pompa, fluida dapat dipindahkan secara vertikal dan horizontal.

Fluida merupakan suatu zat dimana partikel-partikelnya bergerak bebas sehingga bentuknya dapat berubah dengan mudah.

Secara umum, fluida dibagi menjadi 2 jenis yaitu fluida mampu mampat (compresible) dan fluida yang tidak bisa mampat (incompresible).

Pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan mengenai pompa dinamik. Pompa dinamik merupakan pompa yang dapat menghasilkan fluida dengan kecepatan yang tinggi dan mengubah kecepatan fluida menjadi tekanan melalui perubahan penampang aliran.

Pompa dinamik mampu bekerja pada fluida yang berkecepatan tinggi dan debit yang besar. Selain itu, pompa dinamik memiliki efisiensi yang rendah dan perawatannya lebih murah.

Pompa dinamik terbagi menjadi sebagai berikut ini :

1. Pompa Sentrifugal

Pompa jenis ini terdiri dari sebuah impeller yang ditengah-tengahnay terdapat saluran inlet. Saat impeller berputar, fluida mengalir menuju casing disekitar impeller sebagai dampak dari gaya sentrifugal. Casing disini berfungsi untuk menurunkan kecepatan fluida sementara itu, kecepatan putar impeller tinggi.

Pompa Sentrifugal
Gambar Pompa Sentrifugal

Kecepatan fluida dirubah menjadi tekanan oleh casing sehingga, fluida dapat keluar melalui outlet. Keuntungan dengan menggunakan pompa jenis ini yaitu biaya rendah, alirannya halus, dapat bekerja pada kecepatan tinggi dan memiliki tekanan yang seragam.


2. Pompa Aksial

Pompa aksial lebih familiar dengan sebutan pompa propeller yang menghasilkan sebagian besar tekanannya dari propeller dan gaya  lifting dari sudu terhadap fluida.

Pompa Aksial
Gambar Pompa Aksial

Pompa aksial terbagi menjadi pompa aksial vertikal (single stage dan two stage) dan pompa aksial horizontal. Umumnya yang sering paling digunakan yaitu pompa aksial vertikal.


3. Special Effect Pump

Pompa jenis ini didesain untuk industri dengan kondisi tertentu. Jenis - jenis pompa special effect pump yaitu injector (jet-eductor), gas lift, hydraulic ram dan elektromegnetik.

Pompa injector merupakan alat yang menggunakan efek venturi dari nozzle konvergen - divergen untuk mengkonversikan energi tekanan dari fluida bergerak menjadi energi gerak sehingga area bertekanan yang rendah dan dapat menghisap fluida di sisi suction.

Pompa injector
Gambar Pompa injector

Gas lift pump merupakan cara untuk mengangkat fluida dalam sebuah kolom dengan cara menginjeksikan suatu gas tertentu yang menyebabkan turunnya berat hidrostatik dari fluida tersebut sehingga reservoir dapat mengangkatnya ke permukaan.

Gas lift pump
Gambar Gas lift pump

Pompa air hydraulic ram merupakan pompa air siklik yang menggunakan tenaga hydropower.

Hydraulic Ram Pump
Gambar Hydraulic Ram Pump

Pompa elektromagnetik merupakan pompa yang menggerakan logam dengan cara menggunakan gaya elektromagnetik.

Pompa elektromagnetik
Gambar Pompa elektromagnetik

Demikian penjelasan mengenai  pengertian pompa dinamik dan jenis-jenisnya semoga bermanfaat.

0 Response to "Pengertian Pompa Dinamik dan Jenis - Jenisnya | DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel