Pengertian Alat Ukur Tachometer - DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK

Pengertian Alat Ukur Tachometer - DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK
DUNIAPEMBANGKITLISTRIK.COM - Tachometer merupakan alat yang berfungsi untuk mengukur kecepatan putaran pada poros engkel atau piring motor atau pada mesin lainnya.

Ada tiga fungsi pada switch tachometer yakni rpm untuk menghitung jarak yang ditempuh.


Prinsip Kerja Tachometer

Inputan data berupa putaran akan diubah sensor sebagai suatu nilai frekuensi. Kemudian frekuensi tersebut akan dimasukkan ke rangkaian f to V (frekuensi to voltage converter) keluarannya berupa tegangan, yang digunakan untuk menggerakkan jarum pada tachometer analag atau dimasukkan ADC (Analog to Digital Converter) pada tachometer digital untuk dirubah menjadi data digital dan akan ditampilkan pada display.


Jenis - Jenis Tachometer

1. Tachometer Optik

Tachometer optik merupakan alat yang digunakan untuk mengukur kecepatan sudut putar dengan besaran rpm. Tachometer optik terdiri garis (stripe) yang terdapat didalam batang lalu terdapat sensor yang menghadap batang tersebut.

2. Tachometer Rotor Bergigi

Jenis ini memiliki sbeuah sensor tetap dan sebuah pemutar gerigi, roda serta bahan besi. Ada dua jenis sensor yang digunakan yakni :
- Variable Reluctance Sensor
- Hall Effect Sensor. Jenis ini terdapat magnet yang menggantung sebagai sensornya.

3. Tachometer DC

Tachometer DC merupakan generator DC yang memproduksi tegangan output DC yang proposional dengan kecepatan batang. Tachometer DC terdiri dari magnet permanen dan bagian yang berputar yang terbuat dari koil.


Pengaplikasian Tachometer

- Penggunaan pada mobil. Pada mobil tachometer digunakan untuk memantau rpm mesin dan juga untuk mengukur sistem pengapian.
- Penggunaan pada pesawat
- Laser Tachometer
- Penggunaan pada medis. Biasanya digunakan untuk menyimpulkan laju aliran darah dari kecepatan dimana turbin berputar serta digunakan untuk mendiagnosa masalah peredaran darah, misalnya penyumbatan arteri

0 Response to "Pengertian Alat Ukur Tachometer - DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel