Jenis - Jenis Mesin Injeksi Pada Mesin Diesel | DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK

Jenis - Jenis Mesin Injeksi Pada Mesin Diesel | DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK
DUNIAPEMBANGKITLISTRIK.COM - PLTD (Pembangkit Listrik Tenaga Diesel) adalah suatu instalasi pembangkit listrik yang terdiri dari unit pembangkit (SPD) dan sarana pembangkitan.

Mesin diesel merupakan penggerak utama untuk mendapatkan energi listrik melalui generator. PLTD biasanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik dalam jumlah beban yang kecil.

Jenis - Jenis Mesin Injeksi Pada Mesin Diesel

EPI singkatan dari Electronic Petrol Injection atau juga disebut Electronic Fuel Injection (EFI) merupakan teknologi pengontrolan dalam penginjeksian bahan bakar yang berkembang saat ini pada mesin bensin untuk menggantikan karburator. Pada umumnya sistem EPI atau EFI terbagi atas dua jenis yaitu berdasarkan jumlah injektornya dan berdasarkan penempatan injektornya.

- Berdasarkan jumlah injektornya mesin EPI (EFI) terdiri dari sebagai berikut :

1. SPI (Single Point Injection)

SPI (Single Point Injection) atau sering disebut TBI (Throttle Body Injection) atau Central Fuel Injection System hanya menggunakan satu fuel injector untuk beberapa silinder. Injector dipasang sebelum saluran isap diatas katup throttle. Prinsip kerjanya yaitu satu injektor memasok bensin untuk keperluan beberapa silinder sekaligus.

2. MPI (Multi Point injection)

MPI (Multi Point Injection) sering di sebut juga PFI (Port Fuel Injection), dengan menempatkan injector di atas lubang isap (intake port). Setiap silinder mempunyai satu injektor. Jadi, apabila mesin terdiri dari 4 silinder berarti ada 4 buah injektor yang mensuplai bensin.

Teknologi injeksi MPI mempunyai kelebihan dibandingkan dengan SPI (Single Point Injection) yaitu :
- Distribusi campuran udara-bahan bakar lebih seragam untuk masing-masing silinder
- Respons terhadap perubahan posisi throttle pun lebih cepat
- Akurat dalam mengatur jumlah bahan bakar yang digunakan atau diinjeksikan sesuai dengan kondisi operasi

3. GDI (Gasoline Direct Injection)

GDI (Gasoline Direct injection) merupakan injector yang berada di dalam ruang bakar, sehingga bensin disemprotkan langsung ke ruang bakar tanpa harus melalui intake valve. Teknologi GDI masih tergolong masih mahal, karena material fuel injector nozzle harus tahan pada suhu yang bertemperatur tinggi di ruang bakar.

- Berdasarkan penyalaan bahan bakar

1. Indirect injection

Indirect injection merupakan sistem penyemprotan bahan bakar ke intake manifold seperti yang digunakan pada sistem penginjeksian mesin bensin, yaitu bensin disemprotkan tidak langsung ke dalam ruang bakar.

2. Direct injection

Direct injection merupakan sistem penyemprotan bahan bakar langsung ke dalam ruang bakar. Injektornya yang berada di dalam ruang bakar, sehingga bensin disemprotkan langsung ke ruang bakar tanpa melalui intale valve. Teknologi direct injection tergolong masih mahal, karena material fuel injector nozzle harus tahan terhadap suhu tinggi di dalam ruang bakar

0 Response to "Jenis - Jenis Mesin Injeksi Pada Mesin Diesel | DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel