Perawatan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro - DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK

Perawatan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro - DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK
DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK, Perawatan Pembangkit Mini atau Mikrohidro - PLTA ATAU Pembangkit Listrik Tenaga Air memiliki kelebihan dibandingkan dengan pembangkit lainnya, karena pembangkit ini tidak memerlukan bahan bakar dalam pengoperasiannya.

Tetapi pengoperasian dan perawatannya (maintenance) tidak ada perbedaan dalam jangka lama atau panjang. 

Dalam mengoperasikan pembangkit mikro atau minihidro dalam kondisi yang baik dan dalam jangka waktu lama, maka fasilitas seperti saluran air, peralatan listrik, transmisi dan distribusi harus juga dirawat dengan baik.

Operator harus melakukan tindakan observasi walaupun hanya masalah kecil. Oleh karena itu, sangat diperlukan patroli harian dan inspeksi secara periodik untuk menjaga agar fasilitas tetap aman dan terjaga.

Patroli dan inspeksi harus berdasarkan kondisi dan cara penggunaannya. Adapun perawatan umum pembangkit mini atau mikrohidro sebagai berikut :

1. PATROLI HARIAN

Hal - hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan patroli harian, diantaranya sebagai berikut :

Perawatan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro - DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK

2. INSPEKSI PERIODIC

Sebagai operator hendaknya melakukan pemeriksaan secara periodik, untuk memeriksa apabila terjadi permasalahan atau kerusakan pada peralatan dan fasilitas kerja. Saat pemeriksaan operator dituntut harus memeriksanya dengan teliti dan melakukan perbaikan atau preventif apabila diperlukan. Berikut hal-hal yang harus dilakukan pemeriksaan secara periodik diantaranya sebagai berikut :

Perawatan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro - DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK

3. PEMERIKSAAN KHUSUS

Apabila terjadi bencana alam seperti gempa bumi, banjir, dll, maka operator harus menghentikan pengoperasian dan memeriksa fasilitas.

4. PEREKAMAN

Tugas dan tanggung jawab operator yaitu harus menyimpan atau merekam data yang diperoleh dari operasi dan perawatan pembangkit.

Fungsi dari penyimpanan data yaitu untuk mengingatkan operator tentang operasi dan perawatan yang harusnya dilakukan, tetapi juga dapat berfungsi untuk mengetahui suatu permasalahan pada kerusakan dan kecelakaan.

0 Response to "Perawatan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro - DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel