Fungsi Resirkulasi Economizer Pada Boiler - DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK

Fungsi Resirkulasi Economizer Pada Boiler
DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK, Fungsi Resirkulasi Economizer Pada Boiler - Sistem sirkulasi air pada boiler, air dipompakan kedalam boiler dengan menggunakan boiler feed pump (BFP), melalui katup pengatur. Sebelum masuk ke dalam boiler drum, air terlebih dahulu dipanaskan di low pressure heater (LPH) juga dipanasi di high pressure heater (HPH) dan terakhir dipanasi di economizer sehingga temperature air mendekati titik didihnya.

Dalam boiler drum, air bersirkulasi melalui down comer dan riser, karena adanya pemanasan dari ruang bakar terbentuklah uap air. Sirkulasi ini dapat terjadi alami atau natural circulation maupun dengan bantuan (assited circulation) melalui pompa sirkulasi.

Down comer berada diluar ruang bakar (furnace), menghubungkan antara boiler drum dengan bagian bawah tube wall atau riser. Down comer ini tidak mendapat pemanasan dari ruang bakar boiler. Karena, air dalam riser mendapat pemanasan dari ruang bakar maka akan menimbulkan uap air. 

Campuran antara uap dan air pada riser berat jenisnya akan lebih kecil daripada air yang berada pada down comer, karena air dalam down comer tidak melalui pemanasan. Selanjutnya, uap dan air dalam riser akan naik sedangkan air pada down comer akan turun.

Dengan demikian, terjadilah proses sirkulasi air dalam boiler secara alami. Uap yang dihasilkan akan ditampung didalam boiler drum. Kemudian, akan dialirkan menuju turbin melewati superheater. Komponen utama pada boiler dalam sirkulasi air ialah economizer, boiler drum, heater, riser dan down comer.

Economizer memanfaatkan gas buang (flue gas) dari boiler, economizer akan memanasi air pengisi sebelum masuk ke dalam boiler drum. Pada economizer yang harus dijaga dan diperhatikan adalah korosi, baik dari sisi dalam maupun sisi luar.

Berikut hal - hal yang dapat mencegah atau menjaga korosi dari sisi luar economizer diantaranya :
1. Membatasi kandungan sulfur pada fuel
2. Jaga temperatur metal economizer
3. Lakukan proses firing dengan baik

Sedangkan untuk mencegah proses korosi dari sisi dalam yaitu dengan menjaga kualitas air yang digunakan pada sistem air pengisi.

Adapun hal - hal yang perlu diperhatikan dan kemungkinan yang akan terjadi pada economizer ialah perubahan pada air pengisi dari fase air ke fase uap pada economizer yang disebabkan tidak ada sirkulasi air pada economizer saat proses firing atau furnace dalam keadaan panas. Akibatnya dari masalah tersebut ialah water hammer pada economizer.

Namun, kejadian tersebut bisa dicegah dengan valve recirculation economizer harus open (dibuka) agar memperoleh aliran alami dalam economizer dari down comer. Ketika adanya aliran air pengisi, sebaiknya MOV harus ditutup kembali. Proses thermal shock pada inlet header economizer disebabkan oleh adanya perbedaan temperatur antara air yang masuk dan air pada header economizer. Jika hal itu terpaksa dilakukan, maka sistem pengisian air penambah dilakukan dengan flow sedikit mungkin dengan secara teratur.

Boiler drum merupakan sebagai tempat pemisahan antara partikel-partikel uap dan air. Air pada drum akan mengalami proses aliran alami pada down comer. Gelembung - gelembung uap yang naik keatas dan di drum gelembung - gelembung uap tersebut akan terkumpul dan menjadi uap. Yang perlu diperhatikan ketika proses firing ialah temperatur metal antara top dan bottom.

Fungsi Resirkulasi Economizer
1. Dapat mencegah terjadinya water hammer pada economizer
2. Dapat mencegah terjadinya overheating pada pipa economizer yang bisa mengakibatkan pipa economizer pecah.

Saat awal cold start up, penambahan air pada steam drum belum terlalu banyak sehingga menyebabkan tidak ada sirkulasi air pada economizer saat firing atau furnace dalam keadaan panas. 

Sedangkan pipa economizer terkena paparan panas dari gas buang secara kontinyu, hal tersebut bisa mengakibatkan air dalam pipa economizer menguap yang dapat mengakibatkan terjadinya overheating yang bisa mengakibatkan pipa economizer pecah dan untuk menghindari penguapan tersebut, maka valve recirculation economizer harus open (dibuka) agar diperoleh aliran secara alami dalam economizer dari down comer.

0 Response to "Fungsi Resirkulasi Economizer Pada Boiler - DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel