Pengetahuan Seputar Vibrasi Berlebih Pada Turbin - DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK


Pengetahuan Seputar Vibrasi Berlebih Pada Turbin
DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK – Vibrasi pada turbin dapat dipengaruhi oleh beberapa komponen – komponen pendukung sehingga dapat menghasilkan energi yang dapat dimanfaatkan untuk membangkitkan peralatan yang memerlukan energi listrik. Proses energi yang dilakukan yaitu vibrasi turbin.

Turbin banyak bermacam – macam bentuk serta prosesnya, seperti turbin uap, turbin air, turbin angin, dll. Turbin adalah alat yang yang berfungsi untuk mengkonversikan dari energi panas ke energi gerak. Setiap mesin pasti memiliki sebuah getaran yang sangat diperhatikan yaitu torsional vibration.

Torsional vibration adalah proses yang mana bagian pusat badan pusat yang diputar pada proses perputaran, terjadi gaya lintang tertentu yang arahnya sama dengan rotasi poros. Proses tersbut bisa mengakibatkan kebengkokan pada poros (shaft).

Apabila salah satu komponen turbin yang berperan mengalami pengikisan atau masalah yang akan mengakibatkan penghasilan energi kurang maksimal atau optimal. Penyebab umumnya terjadinya vibrasi (getaran) ialah :
1. Pemilihan material yang tidak memenuhi standard pada turbin atau komponen – komponennya
2. Pemasangan turbin belum tepat atau sempurna
3. Penyeimbangan tak sesuai
4. Adanya gaya – gaya  yang mengangggu kinerja pada turbin
5. Perbedaan pada ukuran – ukuran laluan sudu
6. Adanya benda – benda asing didalam saluran atau aliran fluida

Semua akar permasalahan dengan kinerja turbin yang disebabkan oleh getaran – getaran (vibrasi) yang kemungkinan bisa menurunkan kinerja turbin dan kerusakan fisik yang kasat mata, berikut ini faktor – faktor yang terjadi adalah :
1. Kerusakan pada komponen – komponen turbin yakni berupa kropos, perubahan bentuk permukaan dan perubahan bentuk komponen – komponen turbin
2. Terjadinya polusi suara pada komponen turbin
3. Penurunan kecepatan (speed) rotasi turbin
4. Penurunan drastis pada efisiensi turbin
5. Penurunan speed putaran torsional poros generator
6. Penurunan daya hasil prosuksi listrik

Kinerja turbin adalah proses yang perlu diperhatikan. Maka dari itu, condition monitoring sangat berperan sebagai pendukung dalam pemantauan dan perawatan komponen – komponen pada turbin. Condition monitoring pada umumnya digunakan berkala sesuai standard dan kebutuhan pada turbin yang bertujuan mengurangi dampak – dampak negatif yang dapat menurunkan kinerja pada turbin.

0 Response to "Pengetahuan Seputar Vibrasi Berlebih Pada Turbin - DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel