Pemeliharaan (Maintenance) Periodik Pada Turbin Air - DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK

Pemeliharaan Periodik Pada Turbin Air
DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK, Pemeliharaan Periodik Pada Turbin Air - Turbin air merupakan alat untuk merubah energi potensial menjadi energi mekanik dengan memanfaatkan gaya jatuh air yang mendorong baling-baling (sudu) menyebabkan turbin berputar.

Turbin air mayoritas seperti kincir angin dengan menggantikan fungsi dorong angin untuk memutarkan baling-baling (sudu) digantikan dengan air untuk memutarnya. Perputaran turbin tersebut langsung dihubungkan ke generator.

Turbin air mempunyai dampak positif serta dampak negatif bagi lingkungan. Turbin merupakan salah satu penghasil tenaga bersih yang mana dalam prosesnya tidak dihasilkan limbah negatif, sehingga dapat dimanfaatkan untuk menggantikan pembakaran bahan bakar fosil serta menghapuskan limbah nuklir.

Perawatan mesin atau maintenance adalah hal yang harus selalu diperhatikan agar terkendalinya performa mesin yang baik. Perawatan pada turbin dilakukan dengan cara menguji tingkat vibrasi pada turbin. Untuk menjaga kesinambungan mesin agar terjaga performnya yaitu dengan pengawasan, perawatan dan pengujian.

Umumnya pada turbin dilakukan maintenance secara periodik (berkala) untuk pemeliharaan berdasarkan waktu pengoperasian turbin.

Setelah turbin menjalani jangka waktu operasi tertentu harus dilakukan perbaikkan atau repair bahkan pergantian pada komponen turbin. Maintenance memiliki kelebihan untuk meningkatkan kehandalan dan safety.

Ada tiga jenis pemeliharaan periodik (berkala) yang diberlakukan pada turbin air, diantaranya sebagai berikut :
- SI (Simple Inspection) yaitu periodik pengecekan vibrasi turbin dilakukan setiap 1 tahun operasi atau kurang lebih 8.000 jam operasi
- ME (Mean Inspection) yaitu periodik pengecekan vibrasi turbin dilakukan setiap 2 tahun operasi turbin kurang lebih 16.000 jam operasi
- SE (Serious Inspection) yaitu periodik pengecekan vibrasi turbin atau overhoul dilakukan setiap 4 tahun kurang lebih 32.000 jam operasi

Adapun kegiatan yang dilakukan saat keadaan maintenance yaitu :
- pemantauan dan pemulihan blade turbin seperti korosi, retak, erosi, dll
- pemantauan dan pemulihan suhu tekanan pada turbin
- pemantauan dan pemulihan pada nozzle
- pemantauan serta pemulihan  bantalan serta minyak pelumas
- pemantauan dan pemulihan rotor dan komponennya

Kegiatan maintenance tersebut yang rutin untuk dilakukan untuk meminimalisir kerusakan yang serius pada turbin. Turbin memiliki kapasitas kendali yang mana sesuai dengan ukuran dan teknologi yang digunakan.

Kekuatan turbin pada dasarnya ditentukan dari ukuran serta teknologi yang diterapkan. Tetapi, maintenance merupakan peran bagi kekuatan serta ketahanan turbin. Oleh karena itu, pemeliharaan atau maintenance menjadi sesuatu yang harus diutamakan untuk kebaikan serta kelancaran produksi listrik.

0 Response to "Pemeliharaan (Maintenance) Periodik Pada Turbin Air - DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel