Korosi Pada Boiler - DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK

Korosi Pada Boiler
DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK, Korosi Pada Boiler - Boiler juga disebut dengan ketel uap yaitu sebuah bejana yang tertutup yang dapat membentuk uap dengan tekanan tinggi (high pressure). Boiler (ketel uap) harus dilengkapi dengan peralatan pendukung untuk membantu kinerjanya sehingga operasional boiler berjalan aman.

Boiler (ketel uap) umumnya harus mempunyai persyaratan diantaranya :
1. Menghasilkan uap dengan berat dan waktu tertentu serta tekanannya (pressure) lebih besar dari 1 atmosfer
2. Kadar air yang dihasilkan di uap panas harus sedikit mungkin
3. Apabila menggunakan alat pemanas lanjut uap, suhu pada pemakaian uap terakhir tidak berubah signifikan
4. Uap yang dihasilkan harus menghemat bahan bakar
5. Apabila pemakaian uap berubah-ubah maka tekanan uap tidak berubah secara signifikan

Korosi merupakan penyentuhan yang tidak disukai pada bahan yang disebabkan pengaruh kimia dipermukaannya. Untuk korosi disisi air dapat dicegah dengan penanganan air dengan baik, sedangkan disisi gas agak lebih rumit. Pencegahan utama terletak pada konstruksi seperti bentuk boiler, pola pemipaan, dll.

Kebanyakan logam tidak dalam bentuk murninya, namun diterapkan sebagai paduan. Logam yang dapat kembali ke bentuk asalnya adalah oksida.

Korosi dapat diartikan (manifestnya) yaitu :
1. Penyentuhan pada seluruh permukaan
2. Penyentuhan setempat atau pembentukan kubangan dan lekukan
3. Garis antar kristal, merupakan penyentuhan dibatas-batas kristal pada atau didekat bawah permukaan

Menurut mekanisme korosi dibagi menjai 2 bagian yaitu :
1. Korosi kimia murni
2. Korosi elektro kimia


Beberapa penyebab - penyebab korosi pada boiler

Beberapa penyebab - penyebab korosi pada boiler antara lain sebagai berikut :

1. Korosi disebabkan air boiler

Korosi terjadi dibagian yang mana air diuapkan secara kontinyu bila corong asap diatas ruang pembakaran serta menunjukkan pipa air menuju ke ruang pembakaran.


Pada saat beberapa korosi terjadi segera atasi dengan reaksi kimia. Apabila reaksi berlangsung dengan cepat maka korosi tidak sampai mengakar. Dengan melakukan pencucian dengan reaksi kimia maka akan memperlambat terjadinya korosi.

Berikut ini penyebab lain terjadinya korosi antara lain sebagai berikut :
- kelalaian dalam blow off
- kurang bersih pada pembersihan dalam boiler
- tidak mencukupi sirkulasi air boiler
- pemakaian yang berlebihan

2. Korosi yang disebabkan oleh zat-zat lain

- Reaksi gas dalam boiler

Besi yang korosi akibat terendam air atau suhu yang tinggi serta pemakaian bahan yang mudah korosif. Pada kasus ini adanya kandungan oksigen (O2) dalam penyediaan air sangat bagus untuk pengubangan (pelubangan), kejadian ini terjadi pada bagian dalam ruangan uap yang mana kurangnya pergantian air, jalannya air dari drum boiler dan pipa-pipa, pipa air economiser.

Asam karbon yang dihasilkan dari karbon dioksida (CO2) ketika pelarutan dalam air dan bereaksi dengan besi untuk menghasilkan karbon besi. Jika karbon besi bereaksi dengan oksigen (O2) maka menghasilkan oksida besi kedua. Sejak proses reaksi berlangsung yang mana karbon dioksida (CO2) terbebaskan, maka akan mempercepat siklus atau proses pengkorosian lainnya.

- Korosi oleh alam

Salah satu bagian dari pengubangan (pelubangan), perluasan area pengkorosian disebabkan terpisahnya asam-asam dalam air boiler serta terpisahnya asam gemuk dari binatang atau tanaman dalam air boiler

- Korosi oleh garam

Korosi magnesium klorida pada boiler yang mengakar, hal ini disebabkan terpisahnya hasil asam hidroklorik dalam air boiler dan tidak berhenti dalam pelubangan, namun berhenti dalam bentuk karat skala ikan melakukan perluasan. Dimana sering terjadi pada bagian - bagian yang menunjukkan untuk kuatnya panas dimana gelembung - gelembung udara sukar dilepaskan.

- Korosi oleh uap panas yang berlebihan

Uap merupakan pemisah antara hidrogen dan oksigen ketika suhu dari permukaan baja naik menjadi 400 degrees centrigrade (lebih tinggi). Oksigen merupakan pengkorosi bagian penampang baja.

0 Response to "Korosi Pada Boiler - DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel