Beberapa Penyebab MCB dirumah 'Jeglek' atau Turun - DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK

Beberapa Penyebab MCB dirumah 'Jeglek' atau Turun
DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK - Pernah dirumah Anda mengalami MCB turun atau jeglek. Pada umumnya MCB dipasang pada setiap instalasi sebagai pengaman atau safety apabila terjadi lonjakan arus (overload).

MCB turun atau trip bukan berarti MCB tersebut rusak. Kemungkinan MCB tersebut mendeteksi adanyan gangguan pada instalasi dirumah, sehingga MCB tersebut trip atau jeglek.

Tidak menutup kemungkinan, MCB yang trip atau jeglek menandakan MCB tersebut sudah tidak bagus lagi (rusak). Jadi, apabila kejadian MCB trip atau jeglek cukup sering terjadi dirumah Anda, maka harus dilakukan pengecekan lebih lanjut untuk mencari penyebabnya MCB trip atau jeglek. 

Berikut ini faktor - faktor penyebab MCB trip atau jeglek diantaranya sebagai berikut :

1. Overload beban

Overload beban merupakan faktor paling dominan yang menyebabkan MCB turun sekaligus penyebab MCB panas yang paling banyak ditemukan. Umumnya hal ini terjadi karena terlalu banyak menyalakan perangkat listrik dengan konsumsi daya yang besar dan secara bersamaan.

Karena, arus yang melewati MCB besar sehingga menyebabkan MCB menjadi panas yang berlebihan yang dapat merubah posisi MCB menjadi OFF. Solusi daripada masalah ini yaitu dengan cara menambah daya listrik rumah Anda atau bisa juga mematikan sebagian perangkat listrik yang tidak digunakan serta jangan menyalakan alat - alat listrik tidak bersamaan.

2. Konsleting listrik

Konsleting listrik disebut juga arus pendek atau hubungan singkat. Karena, arus listrik tidak sempat mengalir ke beban tapi hanya mengalir dari phasa ke netral saja, apabila MCB tidak trip atau ke OFF maka bisa terjadi MCB terbakar. Untuk mendeteksi konsleting dengan cara menelusuri setiap power outlet listrik yang ada serta cek apakah ada sesuatu yang tidak normal.

Kemungkinan terjadinya konsleting listrik timbul percikan api dan bau terbakar. Penyebab  konsleting listrik bukan hanya dari instalasi listrik saja melainkan dari berbagai peralatan listrik. Disarankan untuk instalasi listrik yang kompleks untuk dilakukan pengecekan oleh pihak teknisi listrik untuk meminimalisir hal yang tidak diinginkan.

Beberapa hal yang psling sering menyebabkan konsleting listrik diantaranya :
- koneksi pada kabel terkelupas
- sistem perkabelan instalasi listrik yang jelek atau tidak sesuai standard
- kerusakan pada kabel, seperti kabel digigit tikus
- kerusakan pada internal rangakaian peralatan listrik

Segera ganti atau perbaiki jika terjadi konsleting pada peralatan listrik dirumah Anda yang menyebabkan MCB trip. Namun jika saat MCB turun atau trip, kemudian semua peralatan listrik dirumah dipadamkan namun saat MCB dinyalakan kembali MCBnya langsung trip lagi, menandakan adanya konsleting atau arus pendek pada bagian instalasi listrik dirumah Anda.

3. Kerusakan pada instalasi grounding

Hal ini mirip dengan konslet, tetapi yang membedakan ialah kabel yang terhubung (connect) singkat adalah antara kabel phasa dengan kabel grounding. Mayoritas keruskan grounding disebabkan dari peralatan listrik, contohnya ada perlengkapan listrik yang tidak sempurna groundingnya

4. MCB rusak

Penyebab MCB trip atau jeglek yaitu MCB rusak atau lemah. Berikut ini cara untuk mengetahui gejala daripada kerusakan pada MCB :
- cek kondisi suhu MCB tersebut, panasnya normal atau tidak normal
- cek kondisi terminal MCB pada kWh meter, apakah terdapat bekas percikan api
- perhatikan durasi waktu MCB kembali turun dan catat waktunya
- Apabila instalasi listrik yang sudah direpair tetapi MCB tersebut tidak mau di ON kan, maka kemungkinan MCB sudah rusak.

0 Response to "Beberapa Penyebab MCB dirumah 'Jeglek' atau Turun - DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel