Alasan PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap) dibangun ditepi Laut - DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK

PLTU Suralaya

DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK - Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) biasanya dibangun di wilayah pesisir. Tapi, pernah nggak kalian bertanya-tanya, kenapa PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap) dibangun dipinggir laut?

Alasannya memang sederhana, karena terkait supply air yang dibutuhkan oleh peralatn pembangkit. Yuk, simak penjelasan dibawah ini untuk tahu lebih jelasnya penggunaan air laut pada PLTU.

Baca juga : Tindakan Yang Harus Dilakukan Ketika Unit Tidak Normal

Alasan PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap) dibangun ditepi laut

Keberadaan PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap) di wilayah pesisir bukanlah tanpa alasan. Selain memiliki pemandangan yang ciamik ketika sunset, ada alasan operasional kenapa PLTU dibangun ditepi laut. Penasaran? Berikut dibawah ini penjelasannya :

1. Butuh supply air dalam jumlah besar

Air laut memang punya peranan penting untuk PLTU (Pembangkit Listrk Tenaga Uap). Maka, dari itu pasokan air laut dalam jumlah yang tinggi sangat diperlukan. Setelah mendapatkan pasokan yang cukup, air laut akan digunakan untuk berbagai keperluan operasional dari PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap)

2. Air laut sebagai pengisi boiler

Namun, sebelum digunakan, air laut harus melalui proses desalinasi agar berubah menjadi air tawar. Air tawar tersebut selanjutnya diisikan ke boiler untuk dirubah menjadi uap panas untuk menggerakkan sudu-sudu turbin

Baca juga : Gangguan Pada Sistem Tenaga Listrik

3. Sebagai air pendingin pada condensor

Untuk mendinginkan uap panas dari turbin, maka air laut akan berfungsi sebagai air pendingin (cold water system) di condensor. Selanjutnya air dialirkan pada pipa-pipa condensor sehingga uap panas yang telah digunakan untuk memutar turbin bisa diubah kembali menjadi air

0 Response to "Alasan PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap) dibangun ditepi Laut - DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel