Penyebab Tegangan Listrik Rumah Tidak Stabil - DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK

Penyebab Tegangan Listrik Rumah Tidak Stabil

DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK - Banyak dari peralatan rumah kita yang rusak serta tidak dapat bekerja secara maksimal akibat fluktuasi listrik dan voltase. Penyebabnya ialah kemungkinan tegangan listrik pada rumah naik turun (tidak stabil). Beberapa penyebab utama yang dapat mengakibatkan listrik di rumah Anda tidak stabil (naik turun), dapat mengakibatkan kerusakan serta tidak dapat bekerja semaksimal mungkin.

Berikut ini penyebab dari tegangan listrik rumah tidak stabil (naik-turun) yaitu :

1. Jarak rumah atau objek terlalu jauh dari gardu

Apabila jarak rumah Anda jauh dari gardu utama, maka tegangan listrik akan rendah. Kondisi ini tidak bisa dicegah terutama apabila jaringan berada didaerah pedesaan yang pada umumnya kapasitas listriknya sangat rendah atau kecil, sehingga hal tersebut kemungkinan dapat terjadi. Hal tersebut dapat diatasi yakni sebuah trafo step up yang berfungsi untuk menaikkan voltage 20 Volt sampai 80 Volt dapat membantu mengatasi hal tersebut.

Sebaiknya Anda menggunakan trafo yang memiliki kemampuan penyesuaian. Hal ini dikarenakan pada umumnya voltase akan lebih rendah pada sore dan malam hari. Aturlah voltase pada 240 Volt di siang hari serta 200 Volt sampai 220 Volt pada sore atau malam hari. Biasanya peralatan masih bisa bekerja dengan baik pada voltase tersebut.

Baca juga : Tempat Paling Aman Untuk Berlindung Dari Petir

2. Beban listrik pada gardu over kapasitas

Dengan adanya pertambahan jumlah keluarga pada suatu daerah, seringkali kapasitas listrik pada suatu area bisa mengalami kekurangan. Seiring perkembangan kawasan pemukiman yang cepat dapat mengakibatkan kapasitas pada gardu tidak mencukupi tanpa disadari.

Apabila gardu sudah mengalami penurunan kapasitas, maka listrik akan tidak stabil mengikuti pemakaian pada suatu wilayah. Apabila sore hari semua orang memasak nasi dengan rice cooker, lampu-lampu serta TV dalam keadaan menyala, maka listrik akan menurun drastis. Namun sebaliknya, saat semua orang tidak menggunakan lsitrik, maka listrik akan melonjak sampai diatas 240 Volt.

3. Fluktuasi jaringan listrik

Tidak stabil tegangan tidak hanya terjadi secara lokal. Pada kondisi tertentu seperti halnya pembangkit listrik tenaga air (PLTA), saat musim kering tiba, biasanya listrik akan mengalami penurunan kapasitas. Hal ini menyebabkan seluruh jaringan mengalami kemunduran pada kapasitas. Dengan kondisi tersebut, sering menyebabkan pemadaman secara bergilir dengan tujuan untuk mengatasi kekurangan kapasitas listrik.

Baca juga : Pengertian Listrik Pintar PLN

4. Terjadinya korsleting pada jaringan supply

Apabila terjadi hubungan singkat pada sepanjang jaringan listrik seperti halnya terdapat tiang listrik tertimpa pohon, bencana alam serta kerusakaan pada tiang listrik, maka listrik akan mengalami gangguan. Apabila tidak segera ditangani oleh PLN, maka akan menyebabkan voltase listrik sangat rendah serta dapat mengakibatkan potensi kerusakan yang bersifat permanen pada gardu seperti trafo yang meledak.

Hal ini juga dapat disebabkan karena terpaan dahan pohon ke kabel listrik.


Demikian penjelasan mengenai penyebab tegangan listrik rumah tidak stabil atau naik turun. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua dalam dunia kelistrikan.

0 Response to "Penyebab Tegangan Listrik Rumah Tidak Stabil - DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel