Penyebab Lampu di Rumah Cepat Putus atau Rusak - DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK

Lampu di Rumah Cepat Putus atau Rusak

DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK - Pernah Anda mengalami masalah pada lampu dirumah Anda yang sering putus? Baik itu lampu ruang tamu, teras rumah, kamar mandi, kamar tidur atau mungkin seluruh lampu dirumah Anda sering putus. Pastinya sangat membuat Anda menjadi jengekel dan pengeluaran biaya untuk membeli lampu jadi lebih boros.

Tak sedikit orang termasuk Anda menaruh harapan yang tinggi pada lampu yang Anda pasang dirumah, lebih - lebih jika sudah di iming - iming "TAHAN LAMA". Mungkin Anda terpuaskan, tapi kita justru kecewa karena performa lampu tersebut tidak sesuai dengan rencana.

Pada umumnya dikardus atau box lampu sering tertera spesifikasi life time atau lama pemakaian ada yang sampai 8000 jam, 10.000 jam bahkan hingga 15.000 jam. Jika melihat dari lama pemakaian atau life time yang tertera, maka 8000 jam dan lampu dinyalakan selama 10 jam/hari, maka umur lampu tersebut bisa mencapau 800 hari atau setara 3 tahunan.

Baca juga : Gangguan Hubungan Singkat (Short Circuit)

Permasalahan lampu dirumah Anda yang sering putus disebabkan beberapa hal, bukan hanya kualitas lampu tersebut, namun ada beberapa penyebab lain yang sering menyebabkan lampu dirumah kita sering putus atau rusak. Simak tiga penyebab lampu dirumah kita cepat rusak atau putus yaitu :

1. Rumah lampu yang tidak tepat (fitting lampu)

Ini merupakan salah satu penyebab yang paling umum lampu dirumah kita cepat rusak. Banyak orang yang menggunakan rumah lampu (fitting) yang sama untuk jenis lampu yang berbeda. Misalnya, lampun yang dipasang dipaflon biasanya menggunakan reflektor pada bagian dalamnya. Reflektor ini dapat membuat sinar lampu menjadi semakin terang.

Namun, apabila lampu yang kita gunakan memiliki daya yang tinggi dari batas yang bisa diterima oleh fitting lampu tersebut, maka bukan tidak mungki  lampu tersebut akan cepat panas. Akibatnya, lampu tersebut akan mudah rusak bahkan paling terburuk akan pecah. Untuk itu, Anda harus memperhatiakan fitting lampu dan lampu yang akan Anda gunakan "COCOK"

2. Listrik yang tidak stabil

Hal ini umumnya terjadi di berbagai wilayah, khususnya pada daerah - daerah non kota. Sebenarnya bukan hanya lampu yang akan mengalami cepat kerusakan jika aliran listrik tidak stabil (naik turun), tapi juga beragam perabot listrik yang ada dirumah. Apabila tegangan listrik dirumah terlalu rendah atau drop tegangan mencapai lebih dari 10% daripada tegangan normal maka dapat menyebabkan lampu sering putus atau rusak.

Baca juga : Penyebab Tegangan Listrik Rumah Tidak Stabil

Perhitungan daripada tegangan drop yaitu maksimal 10% dari tegangan normal. Apabila tegangan normal 220 Volt, maka minimal tegangan dalam toleransi yaitu 198 Volt. Apabila kurang dari 198 Volt maka dapat menyebabkan gangguan serta kerusakan pada alat listrik termasuk lampu sering putus.

Begitu juga jika tegangan listrik terlalu tinggi yang melebihi 10% dari tegangan normal, maka perhitungannya ialah 220 Volt + 22 Volt = 242 Volt. Apabila tegangan listrik dirumah kita lebih dari 242 Volt, maka dapat menyebabkan gangguan serta kerusakan pada alat listrik termasuk lampu sering rusak.

3. Penggunaan produk non SNI (Standar Nasional Indonesia)

Penggunaan produk yang tidak melalui uji SNI (Standar Nasional Indonesia) biasanya ditandai tidak adanya label SNI (Standar Nasional Indonesia) pada kemasan produk tersebut. Bisa saja hal ini menjadi alasan lampu dirumah cepat putus atau rusak. Mulai dari penggunaan kabel, saklar, fitting lampu adalah beberapa contohnya. Itulah beberapa hal yang dapat menyebabkan lampu yang kita pasang jadi cepat putus dan rusak.

0 Response to "Penyebab Lampu di Rumah Cepat Putus atau Rusak - DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel