Pengertian SCADA dan Fungsi Sistem SCADA - DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK


SCADA

DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK – Scada merupakan suatu sistem pengolahan database yang terintegrasi yang berfungsi mengawasi atau supervisi, pengendalian dan mendapatkan data secara akurat setiap waktu atau real time. Scada merupakan kepanjangan dari Supervisory, Control dan Dara Acquisition.

Selain digunakan pada jaringan, scada juga digunakan untuk kepentingan lainnya meliputi operasional industri, pengaturan kecepatan atau flow gas, pendistribusian air minum, pengaturan lalin kereta api dan penerbangan dari bandara serta monitoring operasional pembangkit listrik dan pengaturan jaringan listrik area luas pada perusahaan BUMN atau IPP.

Baca juga : Simulator Pengoperasian Boiler Bagian 1

Scada juga dapat memantau pengukuran yang ada pada gardu induk, jaringan serta pembangkit secara akurat kemudian menampilkan hasil pengukuran tersebut pada control center. Scada juga dapat memantau status atau indikasi peralatan listrik yang berada di gardu induk, jaringan dan pembangkit. Fungsi lain daripada scada yaitu melakukan eksekusi terhadap peralatan sistem tenaga listrik yang berada pada gardu induk, jaringan dan pembangkit.

Sebagai salah satu perusahaan BUMN terbesar di Indonesia yang bergerak dibidang kelistrikan, PT PLN sangat membutuhkan dukungan sistem telekomunikasi yang handal dan canggih, efisien, aman serta mampu menjangkau seluruh cakupan wilayah operasionalnya. Scada ata supervisory control and data acquisition adalah sistem pendukung yang utama dalam sistem pengendalian tenaga listrik.

Adapun kelebihan dari sistem scada antara lain sebagai berikut :
- Memudahkan dispatcher dalam pemantauan keseluruhan jaringan distribusi tanpa harus melihat ke lapangan.
- Pengontrolan dan pengawasan pada seluruh sistem ini dapat dilakukan secara integrasi pada suatu tempat.

Sistem scada sangat bermanfaat pada saat pemeliharaan serta penormalan saat terjadinya gangguan. Sistem scada modern terdiri dari beberapa komponen meliputi RTU atau Remote Terminal Unit, 1 unit MTU atau Master Terminal Unit, media jaringan telekomunikasi data, perangkat-perangkat yang berada dilapangan serta perangkat lunak HMI atau Human Machine Interface.

Baca juga : Simulator Pengoperasian Boiler Bagian 2

Tujuan adanya sistem scada

Tujuan dari sistem scada yaitu :
- Untuk mengumpulkan data dari plant yang lokasinya jauh dari MTU atau Master Terminal Unit
- Untuk mengirimkan data ke RTU atau Remote Terminal Unit
- Menampilkan data pada monitor pada komputer control room
- Untuk menyimpan data ke hard drive dari master komputer
- Melakukan pengontrolan dan memonitoring terhadap plant dari control room melalui HMI (Human Machine Interface).


Demikian penjelasan mengenai SCADA pada jaringan listrik PT PLN. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda mengenai aplikasi SCADA.

0 Response to "Pengertian SCADA dan Fungsi Sistem SCADA - DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel