Load Shedding Atau Pelepasan Beban Pada Pembangkitan - DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK


Load Shedding Atau Pelepasan Beban

DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK – Pada kesempatan kali ini kami akan membahas seputar load shedding atau pelepasan beban. Pelepasan beban atau disebut load shedding adalah suatu bentuk tindakan yang dilakukan sejumlah pihak penyedia layanan suplai energi listrik untuk mengurangi beban pada sistem pembangkit listrik untuk sementara waktu atau pemadaman sementara di wilayah tertentu.

Pemadaman yang sengaja dilakukan pada wilayah tertentu dengan tujuan mencegah dari kegagalan jaringan sistem pembangkit serta distribusi energi listrik secara total atau keseluruhan.

Pada perencanaan load shedding  dapat ditentukan berapa beban yang akan dilepaskan, dimana dibagi dalam 2 kategori diantaranya :

- Manual load shedding

Pada kategori ini pelepasan beban dilakukan secara manual dan hanya digunakan pada keadaan yang tidak penting atau tidak dalam keadaan normal.

- Automatic load shedding

Sistem pelepasan beban jenis ini merupakan perpanjangan dari relay pengaman generator seperti UFR atau Under Frequency Relay. Relay ini biasanya untuk mendeteksi perubahan frekuensi generator dan sistem sampai batas tertentu. Biasanya beban yang akan dilepaskan ditentukan terlebih dahulu serta secara bertahap pada tiap frekuensi yang ditentukan.

Baca juga : Jenis - Jenis Pemeliharaan (Maintenance) Pada Pembangkitan

PERMASALAHAN POKOK PADA PELEPASAN BEBAN DISEBUAH SYSTEM

Berikut ini permasalahan pokok ketika melakukan pelapasan beban sebagai berikut :
1. Besarnya beban yang akan dilepas pertingkat
2. Jumlah pelepasan beban harus ditentukan
3. Waktu pelepasan beban tidak sesuai rencana atau mengalami keterlambatan
4. Frekuensi setiap tingkat pelepasan beban

KAPAN LOAD SHEDDING TERJADI ?

Load shedding terjadi ketika kebutuhan listrik pada jaringan wilayah tertentu lebih besar dari pada kapasitas pasokan yang tersedia. Load shedding atau pelepasan beban adalah opsi terakhir ketika semua usaha untuk menyeimbangkan pasokan listrik serta permintaan gagal, sehingga dapat mencegah shutdown atau trip seluruh jaringan listrik yang untuk proses recovery atau pemulihannya yang akan membutuhkan waktu yang sangat lama.

Untuk menjaga daripada keseimbangan antara permintaan dan ketersediaan pasokan listrik, aspek – aspek yang dapat mempengaruhi sebagai berikut :
- Adanya kegiatan pemeliharaan baik pada distribusi maupun pada pembangkitan
- Pelanggan pada industri besar
- Kegiatan nasional
- Serta berbagai aspek lainnya yang sangat berpotensi menggangu kestabilan sistem

Pelepasan beban haruslah menahan frekuensi sistem agar tidak melampaui batas minimun atau beban yang dilepaskan harus cukup. Frekuensi pelepasan beban bukan untuk sebagai mengatur frekuensi. Jadi pelepasan beban alangkah baiknya hanya dilakukan saat sedang dibutuhkan.

Load shedding atau pelepasan beban sangat berbeda dengan pemadaman bergilir, jika pemadaman bergilir sudah direncanakan dari awal sehingga pengaturan pemadaman serta waktu pemadaman bisa dikondisikan sesuai kebutuhan.

Baca juga : Klasifikasi Outage Pada Pembangkitan

Load shedding atau pelepasan beban dilaksanakan pada kondisi darurat saja serta jarang sekali berkelanjutan selama beberapa hari dan kondisinya tidak terjadi setiap tahunnya. Kondisi daruratnya ketika sistem beroperasi normal serta secara tiba – tiba pasokan listrik untuk memenuhi kebutuhan listrik menjadi berkurang dikarenakan adanya gangguan yang muncul baik dari internal dan eksternal ataupun dari faktor alam.

Pada sistem yang telah terintegrasi, load shedding atau pelepasan beban beroperasi secara otomatis ketika frekuensi berada posisi dibawah 4% dari frekuensi normal serta tegangan dibawah 10% dari tegangan normal. Untuk aturan serta pemilihan beban untuk setiao tahapan load shedding atau pelepasan beban biasanya ditetapkan secara nasional dengan pertimbangan tertentu dan khusus seperti kendala teknis lapangan, kepraktisan serta efektifitas dan sensifitas terhadap dampak ekonomi pada wilayah tertentu.


Demikian penjelasan mengenai load shedding atau pelepasan beban. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita mengenai pembangkitan.

0 Response to "Load Shedding Atau Pelepasan Beban Pada Pembangkitan - DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel