Jaringan Tegangan Menengah atau JTM


Saluran Udara Tegangan Menengah

DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK – JTM atau jaringan tegangan menengah sering disebut juga jaringan primer distribusi adalah suatu bagian daripada sistem tenaga listrik antara gardu induk dan gardu distribusi. Dalam penyaluran tenaga listrik pada jaringan distribusi primer menggunakan 3 sistem saluran diantaranya saluran kawat udara, saluran kabel atau areal cable dan sistem kabel tanah.

Jaringan tegangan menengah yang digunakan oleh PLN yaitu 12 kV dan 20 kV. Adapun konstruksi jaringan tegangan menengah atau JTM terdiri dari sebagai berikut :

1. Saluran udara Tegangan Menengah atau SUTM

Merupakan konstruksi termurah yang digunakan untuk penyaluran tenaga listrik pada daya yang sama. Konstruksi ini paling banyak digunakan di Indonesia untuk konsumen jaringan tegangan menengah.

SUTM juga disebut jaringan kawat yang tidak berisolasi dan berisolasi. Ciri paling utama pada jaringa ini yaitu penggunaan penghantar yang telanjang yang ditopang dengan isolator pada tiang besi atau beton. Bagian – bagian utama dari jaringan ini adalah tiang beton atau besi, cross arm serta konduktor. Biasanya konduktor yang digunakan yaitu aluminium atau AAAC yang berukuran 240 mm2, 150 mm2, 70 mm2, dan 35 mm2.

2. Sakuran Kabel Tegangan Menengah atau SKTM

Konstruksi SKTM atau saluran kabel tegangan menengah ini termasuk konstruksi yang aman dan andal untuk pendistribusian tenaga listrik tegangan menegah, namun relatif mahal untuk penyaluran daya yang sama. Perbandingan dengan SUTM atau saluran udara tegangan menengah, penggunaan SKTM akan memperkecil atau meminimalisir angka resiko kegagalan operasi akibat faktor eksternal atau meningkatkan safety atau keamanan ketenagalistrikan.

Kabel yang sering digunakan pada jaringa ini adalah berisolasi XLPE. Dimana kkabel ini ditanam langsung ditanah pada kedalaman yang ditentukan serta diberikan pelindung terhadap pengaruh mekanisme dari luar. Kabel tanah ini memiliki isolasi yang mampu menahan tegangan tembus yang akan ditimbulkan.

Baca juga : Pentingnya Sistem Grounding Pada Instalasi Kelistrikan

JENIS KABEL TEGANGAN MENENGAH

Berikut ini jenis – jenis kabel yang digunakan untuk jaringan tegangan menengah antara lain :

- PVC atau Poly Vinil Chlorida

Merupakan kabel yang digunakan untuk tegangan rendah dan menengah sampai 12 kV

- PE atau Poly Ethylene

Kabel yang digunakan untuk tegangan diatas 10 kV. Contoh CPT serta VIC

- XLPE atau X Cross Linked Poly Ethylene

Contoh kabelnya : CVC5ZV, Jointing, Termination, serta instalasi perbumian

PERALATAN KONSTRUKSI SALURAN UDARA TEGANGAN MENENGAH ATAU SUTM

1. Tiang listrik

Baiasanya tiang yang digunakan untuk SUTM terdiri dari tiang tunggal, kecuali untuk gardu memakai tiang ganda.Pemasangan tiang terpasang di tepi jalan raya bahkan gang. Pemasangan tiang dapat dikurangi dengan menggunakan sistem saluran bawah tanah pada sistem distribusi. Biasanya taing listrik berupa pipa dimana semakin keatas semakin kecil diameternya. Namun, sekarang ini tiang besi jarang digunakan melainkan sudah diganti atau beralih ke tiang beton.

Perencanaan material atau bahan serta ukuran tiang listrik ditentukan oleh banyak faktor seperti momen, kecepatan angin, kekuatan tanah, beban penghantar dan kekuatan tiang itu sendiri.

Jenis – jenis tiang listrik menurut kegunaannya sebagai berikut :
- Tiang awal atau akhir
- Tiang penyangga
- Tiang sudut
- Tiang peregang atau tiang tarik
- Tiang topang

2. Lengan Tiang atau Cross Arm (Traver)

Merupakan bagian konstruksi jaringan yang berfungsi untuk menjaga penghantar serta peralatan yang perlu dipasang diatas tiang. Cross Arm terbuat dari besi. Biasanya cross arm dipasang baut – baut penyangga isolator serta peralatan lainnya, dan cross arm ini biasanya dibor terlebih dahulu untuk membuat lubang – lubang baut.

3. Isolator

Merupakan suatu alat yang digunakan untuk mengisolasi penghantar dari tiang listrik (cross arm). Biasanya isolator yang digunakan pada SUTM yaitu isolator tumpu. Isolator tarik dipasang pada tiang tarik atau akhir dan isolator tumpu biasanya dipasang pada bagian tiang penyangga.

Baca juga : Cara Mengatasi Peralatan Elektronik Nyetrum Saat Disentuh

KEUNTUNGAN DAN KEKURANGAN PEMAKAIAN SUTM DAN SKTM

Keuntungan penggunaan SUTM
- Pemasangan dan pemeliharaan lebih mudah
- Biaya pemasangan lebih murah
- Bila terjadi gangguan langsung dapat terdeteksi
- Mudah untuk perluasan jaringan

Kerugian penggunaan SUTM
- Mudah terkena gangguan
- Rawan pencurian jaringan

Keuntungan penggunaan SKTM
- Tidak mudah terkena gangguan
- Keselamatan jiwa terjamin
- Tidak mudah terpengaruh cuaca
- Faktor keindahan lingkungan tidak terganggu

Kerugian penggunaan SKTM
- Biaya pemasangan mahal
- Biasanya gangguna bersifat permanen
- Gangguan sulit terdeteksi


Demikian penjelesan mengenai artikel jaringan tegangan menengah atau JTM. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita tentang distribusi jaringan listrik.

0 Response to "Jaringan Tegangan Menengah atau JTM"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel