Gangguan Hubungan Singkat atau Short Circuit - DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK


Gangguan Hubungan Singkat

DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK Hubungan singkat atau short circuit atau sering kita sebut korsleting merupakan suatu hubungan dengan tahanan kapasitas kecil yang dapat mengakibatkan aliran listrik yang sangat besar dan apabila tidak ditangani serius dapat mengakibatkan ledakan dan kebakaran.

Pada kesempatan ini, kami akan membahas mengenai gangguan hubungan singkat atau short circuit. Gangguan hubungan singkat atau short circuit pada jaringan listrik, bisa terjadi antara phasa dengan phasa baik 2 phasa atau 3 phasa serta gangguan antara phasa ke tanah.

Baca juga : 8 Jenis Gangguan Yang Menyebabkan Listrik PLN Mati

SIFAT – SIFAT GANGGUAN  JARINGAN LISTRIK

Gangguan yang ditimbulkan bisa bersifat temporer atau non persistant dan bersifat sementara, sehingga tidak memerlukan tindakan yang cukup serius.

Gangguan tersebut dapat hilang dengan sendirinya serta jaringan listrik akan bekerja normal kembali. Jenis gangguan tersebut antara lain : timbulnya flashover antar penghanta dan tanah dikarenakan sambaran petir, flashover dengan pohon, dan lain sebagainya.

Gangguan bersifat permanen atau persistant merupakan jenis gangguan yang bersifat tetap. Apabila jaringan ingin dapat berfungsi kembali, maka diperlukan perbaikan dengan cara menghilangkan gangguan tersebut. Gangguan jenis ini akan menyebabkan terjadinya pemadaman yang bersifat tetap pada jaringan listrik dan pada titik gangguan tersebut akan mengalami kerusakan yang bersifat permanen.

Contohnya : menurunnya kemampuan daripada isolasi padat atau minyak trafo. Pada kejadian ini akan menyebabkan kerusakan permanen atau tetap pada trafo, sehingga untuk dapat beroperasi kembali maka diperlukan perbaikan atau maintenance.

PENYEBAB GANGGUAN HUBUNGAN SINGKAT ATAU SHORT CIRCUIT

Ada beberapa penyebab yang mengakibatkan terjadi gangguan hubungan singkat atau short circuit sebagai berikut :

1. Terjadinya angin kencang yang menimbulkan gesekan antar pohon dengan jaringan listrik

2. Kurangnya kesadaran masyarakat, misalnya bermain layang-layang dengan menggunakan benang dimana bisa dialiri listrik, perbuatan atau tindakan tersebut sangat berbahaya jika benang tersebut mengenai atau menyangkut pada jaringan listrik

3.Kualitas peralatan tidak baik, contohnya : pada JTR yang memakai twested cable dengan mutu bahan yang kurang baik. Sehingga, isolasinya mempunyai tegangan tembus rendah, mudah mengelupas serta tidak tahan panas. Hal ini yang mendorong atau menimbulkan hubungan singkat antar phasa

Baca juga : Wajib Tahu, Begini Cara atau Teknik Dalam Penyolderan

4. Pemasangan jaringan yang kurang baik dan menyalahi prosedur, contohnya : dalam pemasangan konektor pada JTR yang memakai TC, jika dalam pemasangannya tidak baik, maka akan menyebabkan timbulnya bunga api serta menyebabkan kerusakan phasa lainnya.

5. Terjadinya hujan, sambaran petir, karena terkena galian atau kabel tanah, umur dari jaringan atau kabel tanah yang sudah tua yang dapat mengakibatkan pengelupasan isolasi serta dapat menyebabkan hubungan singkat atau short circuit dan sebagainya.


Demikian penjelasan artikel mengenai gangguan hubungan singkat, sifat – sifaf gangguan jaringan listrik serta faktor penyebab terjadinya gangguan hubungan singkat atau short circuit. Semoga bermanfaat serta menambah wawasan mengenai gangguan hubungan singkat atau short circuit.

0 Response to "Gangguan Hubungan Singkat atau Short Circuit - DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel