PLTSa Jadi Solusi Jitu Penanganan Sampah Plastik di Indonesia - DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK


PLTSa Putri Cempo

DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK – Berdasarkan informasi yang kami himpun dari data Jambeck tahun 2015, Indonesia menduduki peringkat kedua dunia sebagai negara penghasil sampah plastik ke laut yang mencapai 187,2 juta ton setelah negara Cina yang menghasilkan sampah 262,9 juta ton.

Diurutan ketiga diduduki negara Filipina yang mengahsilkan sampah plastik ke laut sebesar 83,4 juta ton, kemudian diikuti negara Vietnam yang mencapai 55,9 juta ton dan negara Sri Lanka mencapai 14,6 juta ton per tahun.

Bukan hanya sampah dari laut, sampah rumah tangga juga mendominasi di Indonesia. Sampah yang dihasilkan rumah tangga didominasi sampah makanan. Sampah rumah tangga memiliki presentase tinggi yaitu 44,5 % dari total sampah nasional. Dihimpun dari Kementrian Lingkungan Hidup Tahun 2008 yaitu sampah yang dihasilkan mencapai 1,12 kg/kapita setiap harinya. Presentase sampah makanan mendominasi 58 % total dari sampah rumah tangga (Kementrian Lingkungan Hidup, 2008).

Sebagian besar dari sampah rumah tangga di Indonesia sangat kurang dimanfaatkan dan lebih cenderung diangkut ke TPS (Tempat Pembuangan Sementara) dan TPA (Tempat Pembuangan Akhir). Faktanya dilapangan, hanya sebagian kecil yang mengkonversi sampah rumah tangga menjadi komoditas yang memiliki nilai lebih seperti sampah rumah tangga dikonversikan menjadi pupuk.

Baca juga : PLTU Batubara Berefisiensi Tinggi atau Supercritical

Berdasarkan data Mediana dan Gamse Tahun 2010, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Indonesia diperkirakan menghasilkan gas metana (komponen utama dari biogas) dalam jumlah yang besar. Jumlah gas metana yang dihasilkan dari sampah organik di TPS di Indonesia bisa mencapai 1.581,74 ton/tahun. Hal ini menjadi dasar bahwa sampah organik dari rumah tangga seperti sampah makanan dapat menghasilkan produksi yang besar sebagai sumber energi.

Inisiatif dari sejumlah pemda membangun PLTSa (Pembangkit Listrik Tenaga Sampah), yang dinilai merupakan langkah paling tepat sebagai solusi untuk menyelesaikan permasalahan sampah terutama sampah plastik. Menurut Inaplas, pihaknya sangat mendukung upaya sejumlah pemerintah daerah (pemda) yang mengelola sampah plastik menjadi  sumber untuk pembangkit listrik.

Kelebihan dari PLTSa (Pembangkit Listrik Tenaga Sampah) diantaranya :
1. Listrik dari PLTSa dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Hal ini dapat membantu untuk menutupi defisit energi listrik pada PLN.
2. Menguntungkan berbagai pihak bukan hanya pengelola melainkan masyarakat sekita TPA. Dengan adanya PLTSa membuat masyarakat sekitar TPA(Pembangkit Listrik Tenaga Sampah) dapat menggunakan listrik secara gratis. Sehigga dapat mencegah penolakan masyarakat disekitar PLTSa terhadap keberadaan TPA (Tempat Pembuangan Akhir)

Baca juga : Mode Operasi Pengaman Pada Boiler

Kekurangan PLTSa (Pembangkit Listrik Tenaga Sampah), diantaranya :
1. Banyak membutuhkan sampah dalam jumlah yang besar
2. Dapat mencemari lingkungan hidup seperti pencemaran udara dan dapat menimbulkan penyakit
3. Memicu orang – orang untuk memperbesar produksi sampah

Selain mencari alternatif lain selain sumber bahan bakar fosil (batubara), kita juga perlu berhemat demi masa depan anak cucu kita kelak. Banyak sekali langkah – langkah kecil namun memiliki dampak yang besar yang dapat kita lakukan untuk menghemat energi listrik. Beberapa langkah – langkah kecil tapi sangat bermanfaat dalam menghemat listrik, diantaranya :
1. Mengurangi penggunaan alat elektronik serta mematikan alat elektronik apabila tidak digunakan
2. Hendaknya dilakukan program 1 jam tanpa listrik atau One Hours Without Electric di berbagai daerah
3. Dikenakan pajak progresif terhadap rumah tangga yang sangat banyak mengkonsumsi listrik


Demikian penjelasan mengenai PLTSa jadi solusi jitu penanganan sampah plastik di Indonesia. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita mengenai solusi alternatif dalam pengolahan sampah plastik dan rumah tangga menjadi sumber energi listrik.

0 Response to "PLTSa Jadi Solusi Jitu Penanganan Sampah Plastik di Indonesia - DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel