Manfaat Pembangkit Listrik Tenaga Surya - DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK


Manfaat Pembangkit Listrik Tenaga Surya - DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK

DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK – Kita ketahui bersama bahwa sumber energi terbesar di bumi atau alam semesta adalah cahaya matahari. Dalam dunia kepembangkitan bahwa sinar atau cahaya matahari dapat digunakan atau dikonversikan menjadi energi listrik. Disekitar kita sering disebut PLTS atau Pembangkit Listrik Tenaga Surya.

PLTS atau Pembangkit Listrik Tenaga Surya merupakan pembangkit listrik yang mana sumber energinya memanfaatkan dari radiasi matahari. Matahari merupakan sumber energi yang terbarukan dan tidak dapat habis dipakai. Selain itu, radiasi matahari tidak perlu membeli karena tersedia secara gratis (pagi hingga sore hari).

Modul surya akan menangkap energi radiasi matahari dan akan mengkonversikannya menjadi energi listrik. Listrik yang dihasilkan oleh modul surya masih tergolong listrik DC. Untuk listrik keperluan peralatan elektronik pada bangunan perlu ditambahkannya komponen untuk mengubah listrik DC ke listrik AC.

Dikutip dari Wikipedia, bahwa pembangkit listrik tenga surya atau PLTS dilakukan dengan 2 cara, diantaranya secara langsung dengan bantuan fotovoltalk dan  dengan pemusatan energi surya. Fotovoltalk berfungsi mengubah secara langsung energi cahaya menjadi energi listrik dengan menggunakan efek dari fotoelektril sedangkan pemusatan energi surya dengan menggunakan cermin atau lensa untuk memfokuskan energi matahari ke salah satu titik.

Fotovoltalk pertama kali dibuat oleh Charles Fritss pada tahun 1880. PLTS terbessr pertama di Indonesia terletak di Pulau Bali tepatnya di Karangasem dan Bangli yang berkapasitas 2 x 1 MW. Hanya saja pemeritah mempersilahkan siapa saja atau pihak mana saja untuk meniru dan membuat serta membangun didaerah lain selain pulau Bali karena, PLTS bersifat tidak terdaftar dalam hak cipta.

Jenis – Jenis PLTS

- PLTS bisa dipasang di setiap rumah atau lokasi tersebar dengan kapasitas yang lebih kecil dan pertimbangan jarak antar lokasi. Contohnya pico-SHS, SHS serta PJU.
- PLTS bisa terpusat on grid dan interactive. Pada jenis ini dapat berdiri sendiri atau off grid atau bisa digabungkan melalui interkoneksi dengan tegangan dari PLN atau on grid
- PLTS bisa terpusat atau komunal dan hybrid. Jenis ini masih tergolong dalam pengembangan dari on grid yang hanya bersumber dari pembangkit lain yang digabunkan ke PLTS bersumber dari diesel, pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTMH) dan pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB).

Baca juga : Electric Power System

PLTS VS Listrik PLN

PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya)

- Bersumber dari energi terbarukan yaitu matahari
- Ramah lingkungan karena tidak menimbulkan limbah atau polusi
- PLTS menghasilkan listrik apabila ada sinar matahari saja (pagi hari sampai sore hari)
- Sumber energi tidak perlu membeli karena tersedia gratis

Listrik PLN

- Bersumber energi fosil meliputi batu bara, minyak bumi, dll
- Proses pembuatannya (pembangkitan listrik) dapat menimbulkan polusi atau limbah yang berdampak tidak bagus bagi lingkungan
- Hanya menghasilkan listrik setiap waktu jika bahan bakar tersedia atau melimpah
- Perlu membeli sumber bahan bakar untuk proses pembuatan listrik

Manfaat dari PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya)

1. Bisa menyediakan listrik secara kontinyu atau terus menerus karena sumber energi nya tergolong energi yang terbarukan
2. Merupakan energi yang ramah lingkungan, bersih dan dapat mengurangi emisi gas rumah kaca
3. Tidak memerlukan biaya khusus perawatan dam menyediakan listrik dengan mudah tanpa kesusahan
4. Menyediakan kebutuhan listrik untuk daerah pelosok, terisolasi dan pulau-pulau atau daerah yang belum teraliri listrik oleh PLN


Demikian manfaat daripada menggunakan tenaga surya atau PLTS (Pembangkit Lixtrik Tenaga Surya). Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita mengenai manfaat PLTS dikehidupan kita.

0 Response to "Manfaat Pembangkit Listrik Tenaga Surya - DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel