Yuk, Mengenal Dekat Dengan Listrik Pintar PLN

DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK - Pada kesempatan ini kami akan membahas mengenai listrik pintar dari pihak PLN. Flashback, selama ini kita ketahui bersama pelanggan dari PLN memakai listrik pasca bayar yaitu pelanggan memakai listrik terlebih dahulu dan bayarnya belakangan. Tentunya dengan metode begitu, PLN tiap bulan harus mencatat serta menghitung jumlah tagihan yang digunakan oleh masing - masing pelanggan PLN bukan hanya 1 atau saja melainkan jutaan penduduk dari seluruh wilayah Indonesia.

Yuk, Mengenal Dekat Dengan Listrik Pintar PLN

Kita ketahui bersama pada tanggal 17 Januari 2008 silam listrik pintar dilaunching pertama kali di Kota Bandung, Jawa Barat,dan masa uji coba untuk 1000 pelanggan. Pemilihan Kota Bandung, Jawa Barat karena mewakili 70 % konsumen listrik di pulau Jawa.

Apa yang dimaksud dengan listrik pintar ?

Listrik Pintar merupakan layanan listrik dimana pelanggan bisa mengontrol sesuai kebutuhan listrik dan kemampuan untuk membeli vouchernya. Listrik pintar ini mekanismenya seperti beli pulsa handphone. Jadi, pelanggan harus beli voucher atau token dulu ke konter, ATM atau loket pembelian dan pembayaran tagihan listrik online.

Pada umumnya, token listrik terdiri dari 20 digit angka dimana token tersebut nantinya di input ke kWh Meter khusus yaitu Meter Prabayar atau MPB. Perbedaan jelas sekali dengan kWh Meter Pasca Bayar dengan Prabayar, berikut keunggulan display Meter Prabayar dimana pelanggan langsung bisa cek antara lain :
1. Jumlah energi listrik yang di input pelanggan
2. Jumlah energi listrik yang terpakai oleh pelanggan
3. Real time jumlah pemakaian energi listrik
4. Jumlah sisa pemakaian energi listrik

Meter Prabayar
Gambar. Meter Prabayar

Tenang, sisa kWh bisa ditambah kapanpun tanpa hangus. Dan tak perlu khawatir jika energi listrik habis, Meter Prabayar akan memberikan kode atau sinyal berupa bunyi untuk melakukan pengisian ulang energi listrik tersebut. Jadi, dengan menggunakan listrik pintar pelanggan mudah untuk mengoptimalkan pemakaian energi listrik, pelanggan bisa mengatur jadwal serta berapa jumlah pembelian listrik.

Selain itu, dengan listrik pintar pelanggan terhindar dari sistem denda jika terlambat pengisian ulang. Tetapi, untuk listrik pasca bayar masih berlaku sistem denda keterlambatan pembayaran tagihan listrik.

Meter Pascabayar
Gambar. Meter Pascabayar

Bagaimana buat pelanggan yang masih memakai listrik pasca bayar mau hijrah atau beralih tidak ke listrik pintar?

Lalu, apa saja keuntungan atau keunggulan pemakaian listrik pintar ?

Tidak perlu panjang lebar ya, berikut ini keuntungan memakai dari pada listrik pintar antara lain sebagai berikut :
1. Pemakaian listrik mudah dikendalikan
2. Pelanggan bisa mengatur budget untuk pembelian voucher listrik, tentunya sesuai dengan kantong masing - masing pelanggan. Pembelian voucher mulai dari Rp. 20.000, Rp. 50.000, Rp. 100.000, Rp. 250.000, Rp. 500.000, Rp. 1 juta
3. Tidak ada biaya keterlambatan atau denda. Beda lagi dengan listrik pasca bayar dimana jika ada keterlambatan pembayaran tagihan listrik akan dikenakan dendan administrasi bukan hanya denda bisa saja pemutusan aliran listrik bahkan pencabutan kWh meter
4. Privasi aman
5. Jaringan pembelian token listrik luas. Bukan hanya di loket - loket pembayaran listrik online saja melainkan 30 ribu ATM di seluruh Indonesia baik BRI, Mandiri, BNI, BCA, Danamon, dll
5. Cocok untuk pengusaha kos

Tentunya, pilihan kami kembalikan ke pemikiran masing - masing pelanggan setia PLN apakah tetap menggunakan listrik pasca bayar atau ganti ke listrik pintar (prabayar). Keduanya saling memiliki keuntungan dan kelemahan yang signifikan.


Demikian penjelasan mengenai pengertian listrik pintar dan keuntungan pemakaian listrik pintar dari pada PLN. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi Anda khususnya pelanggan setia PLN di seluruh Indonesia. 

0 Response to "Yuk, Mengenal Dekat Dengan Listrik Pintar PLN"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel