Tempat Yang Aman Untuk Berlindung Petir dan Cara Untuk Menghindari Bahaya Petir

DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK - Dikutip dari National Weather Service pada tanggal 21 Februari 2010 yang lalu, di Amerika petir disebut lebih mematikan dari pada topan maupun tornado. Petir telah membunuh rata - rata 73 orang dan melukai sedikitnya 300 orang pertahun.

Tempat Yang Aman Untuk Berlindung Petir dan Cara Untuk Menghindari Bahaya Petir

National Weather Service juga menyarankan untuk mengikuti aturan 30/30 untuk mengecek atau memastikan Anda aman atau tidak. Caranya yaitu dengan menghitung 30 detik setelah terdengar sambaran petir kemudian larilah atau berlindung ditempat yang aman. Dan jangan keluar dari ruangan atau tempat yang Anda rasa aman sampai 30 menit setelah bunyi petir berakhir.

Dampak dari tersambar petir yaitu mulai dari pingsan, terbakar bahkan berujung kematian. Tetapi, banyak dari orang yang meremehkan dari pada bahaya sambaran petir saat cuaca sedang buruk.


Apa yang dimaksud petir?

Petir merupakan gejala alam yang muncul pada saat hujan yang memunculkan kilatan cahaya yang menyilaukan. Beberapa saat kemudian akan disusul dengan suara yang menggelegar atau yang disebut guntur. Kenapa cahaya kilat lebih cepat dari pada guntur? Hal ini disebabkan adanya perbedaan antara kecepatan suara dan kecepatan cahaya.


Bagaimana terbentuk petir?

Petir terbentuk dari adanya tarik menarik antara muatan positif dengan muatan negatif di atmosfer bumi yang mengakibatkan penumpukan energi listrik. Pemanasan serta pendinginan pada udara yang tentunya sangat cepat akan menghasilkan berupa gelombang kejut yang mana nantinya akan menghasilkan petir.

Perlu diketahui, bahwa selama badai hujan akan mendapatkan tambahan elektron. Elektron adalah partikel subatom yang memiliki muatan negatif. Dengan kelebihan elektron maka, akan mencari muatan positif (proton) didalam tanah atau bumi. Muatan ini akan mengalir dari awan serta mencari muatan negatif (elektron) bebas untuk membentuk jalur konduktif. Ketika terjadi lonjakan arus yang tinggi yang melewati alur tersebut maka terciptalah petir.

Fakta seputar petir :
- Suhu atau panasnya udara dalam petir mencapai 500.000 derajat fahrenheit
- Tanah yang terkena sambaran petir bisa menghasilkan listrik dari 100 juta sampai dengan 1 miliar volt
- Panas dari sambaran listrik lebih panas daripada permukaan matahari


Lalu, tempat mana saja yang tergolong aman untuk berlindung dari petir?

Berikut beberapa tempat yang aman untuk berlindung dari sambaran petir di antaranya sebagai berikut :

1. Mobil

Perlu diketahui bahwa petir hanya akan mengelilingi permukaan mobil saja tetapi energinya akan jatuh ke bumi atau tanah.

2. Rumah

Apabila Anda ingin berlindung di rumah, maka syaratnya sebagai berikut :
- Ketika ada petir cabut stop kontak seperti komputer dan televisi karena, antena TV bisa memicu petir dikarena antena TV media yang bisa menghantarkan listrik
- Jauhilah teras rumah
- Jangan memakai telpon
- Jangan memegang atau jauhi barang-barang yang bahan logam seperti kusen dan pegangan pintu kunci yang terbuat dari logam


Bagaimana cara untuk menghindari atau meminimalisir bahaya petir?

Berikut 7 cara untuk menghindari bahaya petir yang bisa Anda aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari Anda yaitu :
1. Jika Anda sedang terjebak di luar ruangan sebaiknya segera untuk berlindung ke dalam bangunan. Jika tidak ada tempat yang aman diluar, silahkan masuk ke mobil Anda.
2. Jangan berlindung atau beraktivitas di lapangan, sawah ataupun taman karena, petir membutuhkan tanah untuk melepaskan energinya
3. Jika Anda berada di kolam renang segeralah untuk menjauhi kolam renang karena, kolam renang salah tempat yang paling empuk untuk melepaskan energi dari pada petir
4. Jangan sekali-kali berlindung dibawah pohon karena, pohon yang tersambar petir energinya akan meloncat atau pindah ke tubuh kita
5. Jauhi dari tiang listrik, tower BTS atau benda yang menjulang tinggi ke langit yang mudah tersambar dari petir
6. Jika berteduh diluar ruangan sebaiknya jangan terlalu dekat dengan orang lain karena untuk mencegah lontaran energi jika salah satu didekat kita terkena petir
7. Apabila sedang mengendarai sepeda motor sebaiknya segeralah berhenti dan mencari tempat yang aman untuk berlindung

Jadi, apabila ketika petir datang segeralah mencari tempat untuk berlindung diri dan perhatikan juga tempat-tempat yang perlu dihindari. Perlu diketahui, petir bisa menyambar ditempat yang sama sebanyak 2 kali bahkan sampai ratusan kali. Jadi, apabila ada sambaran petir yang berada jauh dari Anda, jangan menganggap bahwa Anda aman dari bahaya petir.


Demikian, penjelasan mengenai si kilat yang bisa mematikan atau petir. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita mengenai petir. Terima kasih.  

0 Response to "Tempat Yang Aman Untuk Berlindung Petir dan Cara Untuk Menghindari Bahaya Petir"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel