Pengertian Listrik Pasca Bayar dan Keunggulannya

DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK - Pada kesempatan kemarin kami telah menjelaskan detail mengenai listrik pintar dari PLN atau Listri Prabayar. Ada listrik prabayar pasti ada listrik pasca bayar. Pada kesempatan ini kami akan menjelaskan pengertian listrik pascabayar dan keunggulannya.

Meter Pascabayar

PLN sekarang ini gencar mempromosikan listrik pintar atau prabayar. Salah satunya memberikan dsikon setiap pemasangan kWh atau meteran baru bagi pelanggan. Tetapi, dilapangan masih ditemui pelanggan yang enggan beralih dari listrik pascabayar ke listrik prabayar. Dalam survei kami dilapangan, mayoritas pelanggan PLN pascabayar adalah pelanggan dengan bangunan lama, namun tak sedikit juga banyak bangunan lama memakai listrik prabayar.

Apa yang dimaksud listrik pascabayar ?

Listrik pascabayar merupakan suatu layanan dari PLN untuk pelanggan setianya dengan mekanisme pelanggan memakai terlebih dahulu energi listrik dan pembayaran terakhir dimana ada tanggal ambang batas pembayaran yaitu setiap tanggal 20 setiap bulannya.

Jika ada keterlambatan dalam pembayaran tagihan rekening listrik dikenakan denda sebesar  Rp. 3.000,00/perbulan. Apabila pelanggan tidak kunjung membayarnya PLN akan memutus aliran listrik dirumah pelanggan tersebut.

Apabila ada kenaikan dari pada tarif dasar lsitrik (TDL) akan berpengaruh juga terhadap naiknya pembayaran tagihan listrik Anda. Tetapi, itu tidak berlaku pada listrik prabayar, apabila TDL (Tarif Dasar Listrik) naik tidak akan berpengaruh ada naiknya pembayaran tagihan listrik. Maksudnya disini adalah berapapun kWh yang masuk ke Meter Prabayar tidak akan ikut naik.

Berapa denda jika mengalami keterlambatan pembayaran tagihan listrik?

Pelanggan listrik pasca bayar memang harus lebih jeli dan taat serta tepat dalam pembayaran tagihan rekening listrik tiap bulannya. Informasi denda tiap bulan sebesar Rp. 3.000. Apabila pelanggan tidak ingin didenda sebaiknya bayar tagihan listrik Anda sebelum tanggal 20 tiap bulannya.

Biasanya jika keterlambatan, ada petugas dari PLN akan mendatangi rumah pelanggan untuk memberikan surat peringatan. Surat itu berupa nama ID pelanggan, alamat, periode pembayaran listrik, daya listrik, dll. Didalam surat tersebut juga ada pernyataan jika pelanggan tidak membayar tagihan listrik 60 hari sejak surat diberikan maka pihak PLN akan memutus sambungan listrik pelanggan.

Pembayaran denda biasanya sekaligus ditotal dengan tagihan listrik pelanggan. Untuk pembayaran tagihan listrik biasanya bisa dibayarkan lewat ATM atau loket pembayaran listrik online.

Apabila pelanggan tak sanggup membayar tagihan tersebut, tentunya rumah pelanggan tersebut akan gelap gulita.

Apa keunggulan dan kelemahan dari listrik pascabayar?

Berikut ini keunggulan dan kelemahan dari pada listrik pascabayar, diantaranya sebagai berikut :

KEUNGGULAN LISTRIK PASCABAYAR

1. Pihak PLN teliti dalam pemakaian listrik oleh pelanggan
2. Listrik tersedia tak terbatas sampai tenggang waktu pembayaran tiap akhir bulan

KELEMAHAN LISTRIK PASCABAYAR

1. Pemakaian listrik bisa bengkak
2. Bila terlambat pembayaran penagihan listrik akan dikenakan denda dan rawan pemutusan sambungan listrik
3. Petugas PLN tiap bulan atau secara periode tertentu akan keliling mengecek pemakaian listrik, pelanggan tidak bisa memanipulasi
4. Melanggar kebijakan PLN, pelanggan bisa dikenakan denda bahkan dilaporkan ke polisi

Saran kami, apabila Anda masih memakai listrik pascabayar sebaiknya pelanggan jeli dalam pemakaian listrik tiap bulan yang bisa dicek dan dibandingkan di struk pembayaran tagihan listrik tiap bulannya agar tidak terjadi pembengkakan pembayaran serta bayarlah tepat waktu agar terhindar dari denda dan pencabutan listrik pada rumah Anda.

Demikian penjelasan mengenai pengertian listrik pascabayar dan keunggulannya. Pilihan ditangan Anda, apakah masih memakai listrik pascabayar atau listrik prabayar. Tentunya keduanya memiliki keunggulan serta kelemahan yang sangat signifikan yang berpengaruh pada budget Anda. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda seputar listrik pascabayar. Terima Kasih.

0 Response to "Pengertian Listrik Pasca Bayar dan Keunggulannya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel