Mari Teliti Kelistrikan Sebelum Sewa Rumah Atau Bangunan

DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK - Bagi Anda yang sedang mencari rumah, kontrakan bahkan sewa kios yang jarang ditinggali maupun sering ditinggali alangkah baiknya sebelum menggunakan bangunan tersebut Anda harus teliti kelistrikannya terlebih dahulu sebelum dijadikan untuk tempat tinggal Anda agar aman dan tidak menimbulkan bahaya baik untuk diri sendiri dan keluarga Anda serta disekitar rumah Anda.

Struk Pembayaran Tagihan Listrik

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan tips atau langkah antisipasi dalam memeriksa kelistrikan sebelum beli atau sewa rumah. Berikut 4 tips cek kelistrikan sebelum beli atau sewa rumah baik batu atau lama diantaranya :

1. Pastikan KWh meter yang terpasang dalam keadaan baik dan masih tersegel dan berfungsi sebagaimana fungsinya.

Belajar dari pengalaman kami yang ditemui dilapangan, ada rumah seorang nenek di Klaten waktu itu memasang KWh meter baru untuk listrik model pulsa. Awalnya tidak mengalammi masalah ataupun hal lainnya. 1 sampai 2 bulan setelah pemasangan tersebut, grounding pada KWh meter baru ternyata ada masalah yaitu ketika tembok dipegang sekitar tempat KWh meter menyetrum. Apalagi dari pengakuan tetangga nenek itu, pada saat hujan sangat terasa sekali setrumnya pada tembok. Langkah untuk mengantisipasi hal tersebut, tetangga nenek melaporkan kejadian tersebut kepada PLN disekitar rumahnya. Alhasil, setelah dicek petugas PLN memang ada permasalahan pada groundingnya.

2. Periksa kembali kelayakan pada instalasi baik didalam rumah atau bangunan. Pastikan instalasi sudah memilik Sertifikat Laik Operasi (SLO) yang dikeluarkan oleh lembaga pemeriksa instalasi (KONSUIL/PPILN)

Bagi Anda, yang paham tentang instalasi kelistrikan sebaiknya segera cek. Cek apakah isntalasi rumah atau bangunan Anda yang ada beli atau sewa aman. Rumah atau bangunan yang sudah lama ditinggali tetapi jarang bahkan tidak pernah dicek instalasinya rawan akan kerusakan pada kabel dan perangkat lainnya seperti kabel instalasi pada rumah terkelupas, digigit tikus bahkan sudah aus karena umur.

Apabila Anda menemukan kejanggalan atau hal yang dianggap membahayakan keselamatan seperti hal diatas, sebaiknya segera laporkan pada PLN atau telpon ke CS PLN (Kode Area) 123. Lebih safety untuk diperbaiki oleh pihak yang bersangkutan karena telah ahli dan memiliki alat yang lengkap dan berstandar. Jangan sekali - kali, Anda memperbaiki instalasi kelistrikan rumah atau bangunan Anda sendiri tanpa ada laporan dan pendampingan dari pihak terkait disamping bahaya kesetrum dan bahaya konsleting listrik bahkan bisa menyebabkan pemadam listrik serta kebakaran apabila perbaikan Anda tidak sesuai.

3. Pastikan bebas pelanggaran penggunaan listrik, bebas tunggakan tagihan listrik dan tidak sedang diputus alirannya.

Banyak pelanggan dari PLN yang melakukan tindakan kecurangan. Sebagai contoh saat ditemui dilapangan yaitu mencuri listrik. Kejadian ini bukanlah satu atau dua kali saja, tetapi sudah banyak dijumpai dan ditemukan oleh pihak PLN. Mencuri listrik merupakan tindakan yang tidak terpuji serta dosa. Disisi lain, PLN dirugikan Anda yang mencuri sedang dalam bahaya yaitu bahaya bisa dilaporkan ke pihak POLISI, bahaya jika pemasangan instalasi ke SUTM (Tiang Listrik atau trafo) tidak sesuai bisa menyebabkan arus pendek bahkan kebakaran dan bahaya dicap jelek dari tetangga Anda.

Banyak rumah atau bangunan yang lama ditinggali terkadang menunggak tagihan bahkan diputus alirannya karena lama tidak ditinggali dan dibayar tagihannya. Maka dari itu, sebelum membeli atau menyewa rumah atau bangunan alangkah baiknya tanyakan dari tagihan listrik maupun aliran listriknya diputus atau tidak kepada pemilik rumah atau bangunan. Jika Anda mendapati hal itu, sebaiknya Anda lapor ke PLN atau jika tunggakan tidak membengkak sebaiknya Anda tutup tagihan tersebut. Dan apabila aliran listrik diputus, pasang baru atau bayar tagihan listrik yang sesuai dengan struk tagihan listriknya tentunya bayar juga dendanya.

Ingat, pembayaran tagihan pamakain listrik Anda paling lambat tangal 20 setiap bulannya. Jika Anda terlambat Anda akan diberikan surat keterangan dari pihak PLN, Jika Anda tidak membayar tagihan maka aliran listrik rumah Anda akan diputus. Bukan hanya itu, Anda akan dikenakan denda.

4. Untuk memudahkan Anda, cek status tagihan rekening listrik Anda, silahkan cek diwebsite  PLN dengan memasukkan nomor ID pelanggan. Website ini bisa Anda akses melalui smartphone atau PC Anda. Cek segera status tagihan rekening listrik, disini.


Pesan kami yaitu bijaklah dalam pemakaian listrik. Bayar tagihan rekening listrik Anda tepat waktu agar listrik rumah atau bangunan Anda tidak terputus dan terkena DENDA.
Gunakan semestinya, Matikan selebihnya.


Demikian, 4 langkah memeriksa kelistrikan sebelum Anda membeli atau menyewa rumah atau bangunan. Harapan kami, semoga artikel diatas dapat menjadikan edukasi bagi pelanggan listrik agar respek atau peduli lagi dengan instalasi kelistrikan rumah atau banguanan Anda.

0 Response to "Mari Teliti Kelistrikan Sebelum Sewa Rumah Atau Bangunan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel