Bahaya Curi Listrik yang Wajib Kamu Tahu - Dunia Pembangkit Listrik

DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK - Tindakan kurang terpuji atau mencuri listrik PLN secara sembunyi - sembunyi sangat dipengaruhi berbagai kondisi atau faktor baik dari pelanggan atau faktor lainnya. Salah satu faktor yang mendorong pelanggan PLN melakukan tindakan tersebut adalah kebutuhan daya listrik yang tidak bisa memenuhi kebutuhan.


Tentunya kebutuhan daya listrik besar akan berdampak pada finansial atau tagihan rekening listrik semakin mahal. Sehingga ada sebagian pelanggan PLN mengambil jalan pintas dengan cara mencuri listrik PLN.

Biasanya untuk melakukan pembesaran daya listrik, pelaku atau pelanggan PLN hanya mengotak-atik pada di alat pembatas atau MCB (Mini Circuit Breaker). Sedangkan untuk sebaliknya atau memperkecil daya listrik, biasanya pelaku merubah pada kWh Meternya.

Tindakan pencurian listrik merupakan pemakaian listrik yang dilakukan pelanggan secara ilegal (tidak resmi) yang bukan haknya. Tindakan tersebut banyak merugikan berbagai pihak bukan hanya pelaku, PLN tapi masyarakat sekeliling rumah pelaku.

Banyak pelaku pencurian listrik acuh dan tidak perduli efek samping dan kerugian dari tindakan tidak terpuji tersebut. Berikut ini kerugian - kerugian dari tindakan pencurian listrik diantaranya adalah :

1. Mudah menimbulkan kebakaran.

Maksud kebakaran disini dikarenakan pemakaian arus listrik yang kurang bahkan tidak terkontrol bisa menyebabkan panas serta membakar isolasi kabel dan apa saja yang disekitarnya. Paling terparah bisa menimbulkan ledakan apabila ada kendala atau gangguan didalam tanah.

Jika terjadi kebakaran, bukan hanya diri sendiri dan keluarga yang mengalami kerugian tetapi tetangga kita.

2. Mendapat sangsi dari PLN.

Bagi pelanggan yang melakukan tindakan pencurian listrik dapat dikenakan sangsi dari pihak PLN baik berupa pemutusan sementara, pembongkaran rampung, pembayaran tagihan susulan dan pembayaran biaya P2TL atau Penertiban Pemakaian Tenaga Listrik dan sangsi lainnya.

3. Merupakan tindakan pidana

Sesuai yang tertera pada pasal 19 bab IX dalam UU. No.30 Tahun 2009 tentang ketenagalistrikan yang berbunyi "Barang siapa yang menggunakan tenaga listrik yang bukan haknya atau ilegal merupakan tindak pidana pencurian sebagaimana dimaksud KUHP

4. Menurunkan kapasitas daya listrik pada GI atau Gardu Induk

Dengan adaya pencurian listrik oleh pelaku, dapat menurunkan kapasitas daya listrik di gardu induk atau GI, sehingga sering terjadi pemadaman akibat overload atau kelebihan dan juga menutup akses bagi yang belum mendapatkan listrik

Dan masih banyak lainnya selain kerugian fisik tetapi kerugian dosa kita dari tindakan tersebut yang nantinya akan dimintai pertanggungjawaban Anda di akherat kelak.

Kesimpulan :

Tindakan pencurian listrik merupakan tindaka tercela yang tak pantas ditiru. Sebaiknya, pelanggan PLN menghindari perilaku atau pencurian listrik karena, bisa merugikan berbagai pihak bukan hanya PLN dan negara semata saja tetapi pelaku, keluarga pelaku dan masyarakat sekitarnya pun bisa dirugikan.

Tindakan pencurian listrik juga merugikan diri sendiri dimana kita akan menanggung dosa dari perilaku tidak terpuji tersebut yang akan dimintai pertanggungjawaban di akherat nanti. Bahkan, pelaku akan mendapat sangsi juga dari pihak PLN serta hukuman sesuai dengan KUHP.

Serapi - rapinya pelanggan yang melakukan aksi kecurangan pastikan akan terbongkar oleh pihak PLN. Karena, pihak PLN setiap bulan akan mensurvei atau mengecek kWh Meter pelanggan (khusus pelanggan pasca bayar).

Demikian artikel penjelasan mengenai kerugian - kerugian yang diakibatkan daripada perilaku pencurian listrik yang sedang marak terjadi dilingkungan sekitar kita. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan mengenai kelistrikan.

0 Response to "Bahaya Curi Listrik yang Wajib Kamu Tahu - Dunia Pembangkit Listrik"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel