Ruang Bebas dan Jarak Bebas Minimum pada SUTET

DUNIA PEMBANGKIT LISTRIKSUTET adalah singkatan dari Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi dengan kekuatan 500 kV yang ditujukan untuk menyalurkan energi listrik dari pusat-pusat pembangkit yang jaraknya jauh menuju pusat-pusat beban sehingga energi listrik bisa disalurkan dengan efisien.

Ruang Bebas dan Jarak Bebas Minimum pada SUTET

SUTET dapat dikelompokkan menjadi 2 macam yaitu SUTET pipa bawah laut atau tanah dan SUTET konstruksi udara. Indonesia merupakan negara kepulauan yang menggunakan 2 macam SUTET ini, SUTET bawah air digunakan untuk mendistribusikan listrik antar satu pulau dengan pulau lainnya, sedangkan SUTET konstruksi udara digunakan untuk mendistribusikan listrik di darat.
Kehadiran medan listrik dan medan magnet di sekitar kehidupan manusia tidak dapat dirasakan oleh indera manusia, kecuali jika intensitasnya cukup besar dan terasa hanya bagi orang yang hipersensitif saja. Medan listrik dan medan magnet termasuk kelompok radiasi non-pengion. Radiasi ini relatif tidak berbahaya, berbeda sama sekali dengan radiasi jenis pengion seperti radiasi nuklir atau radiasi sinar rontgen.
Medan Listrik di bawah jaringan dapat menimbulkan beberapa hal, antara lain :
  • menimbulkan suara/bunyi mendesis akibat ionisasi pada permukaan penghantar (konduktor) yang kadang disertai cahaya keunguan,
  • bulu/rambut berdiri pada bagian badan yang terpajan akibat gaya tarik medan listrik yang kecil,
  • lampu neon dan tes-pen dapat menyala tetapi redup, akibat mudahnya gas neon di dalam tabung lampu dan tes-pen terionisasi,
  • kejutan lemah pada sentuhan pertama terhadap benda-benda yang mudah menghantar listrik (seperti atap seng, pagar besi, kawat jemuran dan badan mobil).
Sebenarnya pemerintah telah mengeluarkan aturan tentang pendirian sutet yaitu SNI 04-6918-2002 tentang ”Ruang Bebas dan Jarak Bebas Minimum pada SUTET”.
SNI mempunyai pendapat yang berbeda dengan kepmen ESDM di atas mengenai jarak runag aman, yang dapat kita lihat dibawah ini :
  1. Jarak bebas umum Vertikal dari konduktor dengan bangunan, yaitu 9 meter untuk SUTET.
  2. Jarak bebas minimum horizontal dari sumbu menara, yaitu :
  • 22 meter untuk SUTET 500 KV sirkit tunggal.
  • 17 meter untuk SUTET 500 KV sirkit ganda.
Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

0 Response to "Ruang Bebas dan Jarak Bebas Minimum pada SUTET"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel