Pengertian, Karakteristik dan Komponen Utama Kompressor Sentrifugal



DUNIA PEMBANGKIT LISTRIKKompresor sentrifugal merupakan peralatan mekanik yang digunakan untuk memberikan energi kepada fluida gas, sehingga gas dapat mengalir dari suatu tempat ke tempat lain. Penambahan energi ini bisa terjadi karena adanya konversi energi mekanik ke dalam energi tekanan.


Kompressor sentrifugal

Kompresor sentrifugal termasuk ke dalam kompresor dinamik, dimana kompresor ini memiliki prinsip kerja yaitu mengkonversikan energi kecepatan gas yang dibangkitkan oleh aksi yang dilakukan impeller yang berputar dari energi mekanik unit penggerak menjadi energi tekanan di dalam diffuser. Kompresor sentrifugal ini digerakkan oleh turbin daya yang merupakan bagian turbin gas.

Dalam dunia perminyakan dan gas, kompresor sentrifugal digunakan antara lain:
- Mengumpulkan gas, kompresor sentrifugal digunakan untuk aplikasi menangani gas alam di sumur pada kepala sumur.
- Boosting, untuk meningkatkan tekanan gas dari kepala sumur.
- Penyimpanan atau pengambilan, aplikasi dimana pipa gas diinjeksikan atau ditarik dari fasilitas penyimapanan gas.
- Transmisi, aplikasi dengan input dari tambang gas alam dan output ke kota.
- Re-injeksi gas, aplikasi yang menginjeksikan gas kembali ke lapangan untuk pemeliharaan tekanan atau konservasi.
- Gas lift, aplikasi yang menginjeksikan gas ke sumur minyak untuk dicampur dengan minyak tanah agar mempermudah pengambilan dari atas.


A.  Karakteristik Kompresor Sentrifugal

Karakteristik kompresor sentrifugal secara umum sebagai berikut:

1.    Memiliki masukan aksial dan keluaran radial.
2.    Mampu menciptakan head yang lebih besar dibandingkan kompresor aksial.
3.    Aplikasi aliran rendah dan rasio tekanan yang tinggi.
4.    Kapasitas tersedia dari kecil hingga besar.
5.    Tekanan discharge dipengaruhi density gas.
6.    Kerugian gesek lebih besar dibandingkan kompresor aksial.

B.  Komponen Utama Kompresor Sentrifugal

Kompresor sentrifugal terdiri dari komponen statis dan dinamis. Komponen-komponen tersebut terdiri dari beberapa bagian yang fungsinya saling berhubungan. Komponen statis disebut stator dan komponen dinamis disebut juga rotor. Berikut akan dijelaskan komponen statis dan dinamis.

a)    Komponen Statis

1.  Casing
Casing merupakan bagian terluar kompresor yang berfungsi :
 -  Pelindung terhadap pengaruh mekanik dari luar.
 -  Pelindung dan penumpu dari bagian yang bergerak.
 -  Tempat kedudukan suction port dan discharge port serta bagian diam lainnya.
2.  Inlet wall
Merupakan diafragma atau dinding penyekat yang dipasang pada sisi masukan sebagai inlet channeldan berhubungan dengan inlet port. Karena berfungsi sebagai saluran gas masuk pada stage pertama, maka material inlet wall harus tahan terhadap abrasi dan erosi.
3.  Guide van
Guide van ditempatkan pada bagian depan eye impeller pertama pada bagian inlet channel. Fungsi utamanya adalah mengarahkan aliran agar gas dapat masuk impeller dengan distribusi merata. Konstruksi vane terbagi dua, yaitu fixed dan movable posisi sudutnya dengan tujuan agar operasi kompresor dapat bervariasi dan dicapai effisiensi dan stabilitas yang tinggi.
4.  Eye Seal
Ditempatkan di sekeliling bagian luar eye impeller dan ditumpu oleh inlet wall. Eye seal memiliki fungsi mencegah aliran balik dari gas yang keluar dari discharge impeller kembali ke sisi suction.
5.  Diffuser
Berfungsi untuk mengubah energi kecepatan yang keluar dari discharge impeller menjadi energi potensial. Untuk multi stage dipasang diantara inter stage impelller.
6.  Return Bend
Berfungsi membelokkan arah aliran gas dari diffuser ke return channel untuk masuk pada stageberikutnya. Return bend dibentuk oleh susunan diafragma yang dipasang dalam casing.
7.  Return Channel
Merupakan saluran yang berfungsi memberikan arah aliran gas dari return bend masuk ke dalam impeller berikutnya. Return channel dilengkapi dengan fixed vane dengan tujuan memperkecil turbulensi aliran gas pada saat masuk stage berikutnya sehingga dapat memperkecil vibrasi.
8.  Diafragm
Merupakan bagian dalam kompresor yang berfungsi sebagai penyekat antara stage dan tempat kedudukan eye seal maupun interstage seal. Dengan pemasangan diafragma secara seri, maka akan terbentuk tiga bagian penting, yaitu diffuser, return bend, dan return channel.

Baca juga : Kriteria Kualitas Air Yang Digunakan Untuk Produksi Listrik Pada PLTU

b)   Komponen Dinamis

1.  Shaft and Shaft Sleeve
Shaft atau poros transmisi digunakan untuk mendukung impeller dan meneruskan daya dari turbin gas ke impeller. Untuk penempatan impeller pada shaft digunakan pasak. Pada kompresor multistage, posisi pasak dibuat selang-seling agar seimbang. Sedangkan jarak antar stage dari impeller digunakanshaft sleeve yang berfungsi sebagai pelindung shaft terhadap korosi, erosi, abrasi dari alairan dan sifat gas, serta untuk penempatan shaft seal diantara stage impeller.
2.  Impeller
Impleller berfungsi menaikkan tekanan dan menaikkan kecepatan tangensial gas dengan mekanisme perputaran sehingga menimbulkan gaya inersia pada gas. Hal ini menyebabkan gas mengalir dari eye impeller ke discharge tip. Karena adanya perubahan jari-jari pada sumbu putar antara tip sudu masuk dengan sudu keluar maka terjadi kenaikan energi kinetik.
3.  Bearing
Merupakan bagian internal kompresor yang berfungsi untuk mendukung beban radial dan aksial yang berputar dengan tujuan memperkecil gesekan dan mencegah kerusakan pada komponen lainnya.

0 Response to "Pengertian, Karakteristik dan Komponen Utama Kompressor Sentrifugal"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel