Pengertian Bushing Trafo - DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK



DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK - Bushing adalah sarana penghubung antara belitan dengan jaringan luar. Bushing biasanya terdiri dari sebuah konduktor yang diselubungi isolator. Perlu diketahui, bahwa isolator tersbeut berfungsi sebai penyekat antara konduktor bushing dengan body main tank trafo.

BUSHING TRAFO

Secara garus besar, bushing terdiri dari 4 bagian utama antara lain sebagai berikut :

1. Isolasi

Berdasarkan media isolasi bushing terbagi menjadi 2 (IEC 60137 tahun 2008) adalah :

a. Bushing Condenser

Biasanya bushing ini digunakan pada tegangan rating bushing 72,5 kV keatas. Bushing condenser mempunyai 3 jenis media isolasi (IEC 60137 tahun 2008) antara lain sebagai berikut :

- Resin Bonded Paper (RBP)

Bushing tipe ini merupakan teknologi bushing condenser generasi pertama dan sudah mulai ditinggalkan atau tidak digunakan kembali.

- Oil Impregnated Paper (OIP)

Pada tipe bushing jenis ini isolasi yang digunakan yaitu kertas dan minyak yang merendam kertas isolasi

- Resin Impregnated Paper (RIP)

Jenis ini isolasi yang digunakan adalah kertas isolasi dan resin


Biasanya didalam bushing kondenser terdapat banyak lapisan kapasitansi yang disusun secara seri sebagai pembagi tegangan. Pada bushing terdapat 2 kapasitansi utama yang sering disebut C1 dan C2. C1 merupakan kapasitansi anatar konduktor dengan tap bushing. C2 merupakan kapasitansi dari tap bushing ke ground (flange bushing). Dalam kondisi beroperasi tap bushing dihubingkan ke ground, sehingga C2 tidak ada nilainya ketika bushing beroperasi.

Baca juga : Fungsi dan Prinsip Kerja Dummy Piston Pada Turbin

b. Bushing Non-Condenser

Bushing jenis tipe ini pada umumnya digunakan pada tegangan rating 72,5 kV ke bawah. Media isolasi utama bushing jenis ini adalah isolasi padat seperti porcelain atau keramik.

2. Konduktor

Jenis - jenis konduktor pada bushing ini adalah hollow conductor, dimana terdapat besi pengikat atau penegang ditengah lubang konduktir utama, konduktor pejal dan flexibel lead.

3. Klem Koneksi

Merupakan saran untuk mengikat antara stud bushing dengan konduktor penghantar diluar bushing.

4. Assesoris

Assesoris bushing meliputi indikasi minyak, seal atau gasket dan tap pengujian. Seal atau gasket pada bushing terletak dibagian bawah mounting flange.


Demikian artikel tentang pengertian bushing pada trafo, semoga bermanfaat.

0 Response to "Pengertian Bushing Trafo - DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel