Pemeriksaan Berkala Pada Alat Berat Hidrolik, Hydraulic Breaker



DUNIA PEMBANGKIT LISTRIKHydraulic breaker mempunyai tenaga yang besar, dan merupakan mesin yang efektif dan produktif guna memecahkan berbagai material tergantung kondisi lapangan. Alat berat ini pada dasarnya memiliki beberapa jenis kapasitas tenaga dari kecil, menengah dan berat. Untuk hydraulic breaker tenaga kecil biasa dioperasikan langsung oleh manusia dan sering disebut hand held hydraulic breaker.



Alat ini biasa digunakan pada area yang tidak mungkin dijangkau oleh alat berat. Untuk area yang lebih luas dan besar, alat berat hydraulic breaker dapat dipasang pada backhoes, excavator hingga alat berat lainnya. Alat ini sangat cocok digunakan untuk aplikasi penghancur, pekerjaan konstruksi hingga pekerjaan tambang seperti pembuatan jalan baik aspal atau beton hingga pekerjaan menghancurkan pondasi bangunan.


Dibawah ini adalah panduan dan prosedur mengenai cara perawatan hydraulic breaker pada umumnya. Perawatan berkala diharapkan bisa menambah usia dan daya tahan alat berat hidrolik ini. Pemeliharaan yang tepat juga menghindarkan kerusakan dan hal – hal yang tidak diinginkan agar ketika beroperasi kita tidak terganggu oleh masalah yang disebabkan kekurangan pemeliharaan alat. 
Karena tak bisa dipungkiri, factor manusia adalah penyebab utama timbulnya masalah, tentunya biaya kesalahan operasional lebih tinggi daripada biaya perawatan itu sendiri.
- Pemeriksaan Sebelum Operasional
Pemeriksaan ini wajib dilakukan untuk menghindari masalah saat alat berat hidrolik digunakan bekerja. Hal pertama pastikan kondisi mesin alat berat dalam keadaan normal. Periksa kebocoran pada selang (hose), klem, pipa – pipa dan sambungan lainnya. periksa pula komponen elektrik pada alat berat seperti excavator atau bulldozer yang ditempeli Hydraulic breaker, pastikan semuanya bekerja normal. Olesi paku braker dan rod pin dengan pelumas.
- Pemeriksaan per 2 – 3 jam
Setelah pemakaian alat berat hidrolik ini selama 2 – 3 jam wajib dilakukan pemeriksaan ulang. Periksa bushing yang terdapat hydraulic breaker. Olesi bushing dalam dan bushing luar dengan pelumas.
- Pemeriksaan harian
Sesudah digunakan selama 8 jam, hydraulic breaker wajib diperiksa kembali. Beberapa hal  yang perlu dicek ialah mur dan baut serta kebersihan alat. Periksa kekencangan mur dan baut setelah digunakan seharian bekerja. Periksa pula kebersihan oli hidrolik pada sistem hidrolik dan selang yang ada di alat berat hidrolik ini. Dikarenakan alat ini tak memiliki filter oli, cara memeriksanya ialah periksa oli pada reservoir dengan mem-bypass selang hidrolik dari supply ke return. Cek juga sistem pelumasan pada alat berat yang digunakan. Kencangkan mur dan baut pada bracket tempat hydraulic breaker.
- Pemeriksaan 2 mingguan / 100 jam
Setiap 2 minggu sekali, cek bagian chisel breaker untuk melihat adanya retakan atau kerusakan. Bersihkan bracket dari kotordan seperti batu hingga pasir. Periksa pin retainer dan rod pin. Pastikan semua bushing dalam keadaan bersih dan tidak ada kotoran. Bersihkan oli hydrolik.

Baca juga : Sistem Hidrolik Pada Dump Truck

- Pemeriksaan bulanan / 500 jam
Pemeriksaan bulanan pada alat berat hidrolik seperti hydraulic breaker sangat diperlukan. Ambil sampel oli hidrolik untuk dicek di laboratorium. Dianjurkan untuk melakukan pergantian oli hidrolik baru setelah 500 jam pemakaian. Periksa pula tekanan gas di cushion chamber. Ganti arah atau posisi pin retainer dan stop pin.
- Pemeriksaan tahunan
Pada pemeriksaan jangka lama ini, beberapa part dalam hydraulic breaker perlu diganti dengan yang baru. Ganti seal kit, isolator, hingga buffer dengan yang baru. Periksa keausan dari permukaan bushing dan part lainnya. Periksa pula tekanan hidrolik, sesuaikan kembali tekanan sebagaimana aturan yang semestinya.

0 Response to "Pemeriksaan Berkala Pada Alat Berat Hidrolik, Hydraulic Breaker"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel