Pengertian Relay 51 V (Ovvercurrent Voltage Restraint / Control)




DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK - Relay adalah komponen elektronika yang dapat mengimplementasikan logika switching atau komponen elektronika berupa saklar elektronik yang digerakkan oleh arus listrik.

Contactor Relay 51 V

Pada kesempatan ini kami akan menjelaskan mengenai relay 51 V (Overcurrent Voltage Restraint/Control). Berikut penjelasannya.

PENGERTIAN RELAY 51 V

Relay 51 V adalah jenis relay back-up yang berguna untuk melindungi peralatan dari kondisi arus lebih atau overcurrent. Perlu diketahui, bahwa kondisi hubung singkat atau fault di grid dapat menyebabkan kenaikan arus dan turunnya tegangan di fasa mengalami gangguan.

Pada overcurrent voltage restraint, relay selain membaca kenaikan arus, juga akan membaca tegangan akibat gangguan grid atau paling dekat diluar dari trafo tenaga. Dengan penurunan tegangan ini, maka nilai pick up arus yang disetting pada relay 51 V juga akan turun proporsionalnya sesuai dengan penurunan tegangan sistem.


FUNGSI RELAY 51 V

Fungsi relay 51 V antara lain sebagai berikut :
- sebagai back up proteksi ketika kondisi overcurrent
- pendeteksi adanya overcurrent serta bisa digunakan untuk memilah apakah gangguan jenisnya dari internal dan eksternal.
- membatasi kontribusi fault dari generator di pembangkit
- penurunan tegangan dari kondisi overcurrent akan mennurunkan pick up dari setting overcurrentnya
- relay 51 V harus dikooordinasikan dengan relay overcurrent yang ada di grid, nilai dari cleaning fault time grid, sehingga koordinasi relay dari keseluruhan pembangkit - grid dapat tercapai


Relay ini cukup sensitif dimana tegangan dalam satu cakupan grid cenderung dibawah nominal. Hal ini merupakan kesesuaian dengan hubungan antara pick up setting relay dan tegangan nominal yang terbaca direlay. Setting dari relay ini harus di koordinasikan dengan relay-relay pengaman lain yang bisa membuat koordinasi relay akan baik. Dari sisi pembangkit, relay ini harus berfiungsi jika relay pengaman di grid (overcurrent, recloser, overfrequency, dsb) sudah tidak mampu menghilangkan gangguan. Sebaliknya, relay-relay dari grid yang bekerja dan relay di pembangkit dituntut memiliki kehandalan yang tinggi agar penanggulangan gangguan dapat dilakukan dengan selektif.

0 Response to "Pengertian Relay 51 V (Ovvercurrent Voltage Restraint / Control)"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel