Keuntungan dan Kerugian Pada Mesin Diesel



DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK - Motor bakar diesel sering disebut juga dengan mesin diesel yaitu motor bakar yang pembakaran bahan bakarnya didalam yang menggunakan panas kompresi tinggi. Mesin diesel mempunyai efisiensi panas (thermal) terbaik dibandingkan dengan mesin bakar lainnya.

Diesel

Mesin diesel ditemukan pada tahun 1892 oleh Rudolf Diessel, yang telah menerima paten pada tanggal 23 Februari 1893. Rudolf Diesel menginginkan sebuah mesin untuk dapat digunakan dengan berbagai macam bahan bakar termasuk debu bata bara.

Mesin diesel memiliki rasio kompresi yang tinggi serta mesin diesel dengan kecepatan rendah seperti halnya mesin pada kapal dapat memiliki efisiensi termal lebih dari 50%. Sejarah mesin diesel awalnya digunakan untuk pengganti mesin uap. Mulai tahun 1910 mesin diesel sudah digunakan untuk kapal selam, kapal, lokomotif, pembangkit listrik, dll.

Baca juga : Jenis - Jenis Pemeliharaan (Maintenance) Pada Pembangkit Listrik

Mesin diesel dikembangkan dalan dua versi yaitu 4 tak (langkah) dan 2 tak (langkah). Lalu, gimana keuntungan dan kerugian dari mesin diesel? Berikut penjelasannya.


KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN MESIN DIESEL

Keuntungan Mesin Diesel :
- Pemakaian bahan bakar lebih hemat, karena efisiensi panas lebih baik serta biaya operasi lebih hemat karena harga solat juga murah
- Daya tahan lebih lama dan gangguan lebih sedikit, karena tidak memakai sistem pengapian
- Jenis bahan bakar yang digunakan melimpah atau banyak
- Operasi lebih mudah dan cocok untuk kendaraan besae, karena momen yang terjdi pada perubahan tingkat kecepatan lebih kecil
- Dapat menerima tekanan dari supercharger atau turbocharger
- Kandungan gas karbon monoksida pada gas buangnya minimal
- Biodiesel mudah disintesis
- Menghasilkan panas yang terbuang lebih sedikit
- Pada beban parsial, efisiensi bahan bakar (massa yang dibakar per energi yang dihasilkan) hampir konstan sama dengan mesin diesel, sedangakan pada mesin bensin akan proposional
- Bahan bakar diesel lebih aman daripada bensin

Kerugian Mesin Diesel :
- Suara dan getaran yang timbul lebih besar (2x) daripada motor bensin. Hal ini disebabkan tekanan yang sangat tinggi (60 kg/cm2)
- Bobot per satuan daya dan biaya produksi lenih besar, karena bahan dan konstruksinya lebih rumit
- Pembuatan pompa injeksi lebih teliti sehingga perawatan lebih sulit
- Memerlukan kapasitas baterai dan motor starter yang besar agar dapat memutar poros engkol dengan kompresi tinggi

0 Response to "Keuntungan dan Kerugian Pada Mesin Diesel"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel