Cara Mengatasi Peralatan Elektronik Saat Disentuh Nyetrum

DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK - Pada kesempatan ini duniapembangkitlsitrik.com akan membahas cara mengatasi peralatan elektronik yang nyetrum. Berikut pembahasannya. Selamat membaca.


Awas Kesetrum


Apakah Anda pernah memegang suatu produk elektronik yang bisa nyetrum? Contohnya seperti kulkas yang nyetrum ketika disentuh, dll. Peralatan elektronik yang biasa nyetrum ketika disentuh adalah peralatan elekttonik yang berbahan dari metal antara lain kulkas, setrika, komputer, pompa air, dll.

Salah satu penyebabnya adalah dikarenakan terjadinya kebocoran arus listrik dan arus listrik tersebut mengalir ke tubuh kita saat kita menyetuhnya. Lalu, bagaimana mengatasi hal tersebut ketika kita mengalaminya???

Baca juga : Jenis - Jenis Limbah Sisa Pembakaran Batubara

Cara mengatasi peralatan elektronik yang nyetrum ketika disentuh.

Untuk mengatasi peralatan elektronik yang nyetrum adalah sebagai berikut :

- Menambahkan ground atau sistem pertanahan dengan menghubungkan bodi peralatan elektronik yang nyetrum dengan bumi dengan seutas kabel.

Grounding dapat dibuat dengan menyambungkan bodi peralatan elektronik dengan kabel yang ditanam kedalam bumi. Fungsi grounding adalah untuk membuang muatan listrik menuju bumi sehingga kita terhindar sengatan listrik saat menyentuh peralatan tersebut.

-  Menggunakan sandal karet saat memperbaiki peralatan listrik atau ketika kita menyetrika pakaian dan kegiatan apapun yang berhubungan dengan listrik.

- Jangan pernah menyentuh peralatan elektronik yang nyetrum saat kondisi tangan dan badan kita basah karena sangat bahaya sekali.

- Apabila peralatan elektronik ditemukan ada kabel yang terkelupas yang menyebabkan nyetrum, segera lapisi (balutkan) dengan isolasi atau benda isolator (yang tidak menghantarkan listrik) agar kita tidak kesetrum. Usahakan bahan isolator kuat dan tidak mudah rusak. Jika perlu ganti kabel yang terkelupas tadi dengan yang baru.


Demikian pembahasan mengenai cara mengatasi peralatan elektronik yang nyetrum. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Mengatasi Peralatan Elektronik Saat Disentuh Nyetrum"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel