Hal Yang Harus Diperhatikan Pada Saat Pengecekan Lokal Atau Lapangan Pada Coal Handling dan Ash Handling System

DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK - Pada kesempatan kali ini duniapembangkitlistrik.com akan membahas mengenai hal - hal yang harus dipakai pada saat cek lokal pada sistem coal handling dan ash handling. Baiklah, berikut penjelasannya. Selamat membaca.

Cek List

Pada sistem coal handling dan ash handling pada pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) berbahan bakar batu bara sangatlah beresiko tinggi akan potensi kecelakaan serta masalah kesehatan kerja. Yang paling berpotensi paling berbahaya adalah debu batu bara. Untuk mencegah hal yang tidak di inginkan waktu saat dan selesai bekerja atau efek jangka panjang, maka dengan ini kami akan menjelaskan hal - hal yang perlu dipakai pada saat cek lokal atau lapangan pada coal handling dan ash handling system antara lain sebagai berikut :


COAL HANDLING SYSTEM

Hal yang harus dipakai dan dibawa pada saat pengecekan peralatan dan kondisi lapangan antara lain :
- Memakai seragam khusus atau wearpack
- Memakai safety shoes yang telah ditentukan
- Memakai masker baik yang carbon maupun masker kesehatan hijau (3 ply)
- Memakai masker tabung (3 M)
- Memakai helm
- Memakai sarung tangan katun atau doting
- Membawa senter ketika malam hari
- Membawa alat komunmikasi radio (HT)
- Membawa form pengecekan peralatan dan kondisi lapangan


ASH HANDLING SYSTEM

Hal yang harus dipakai dan dibawa pada saat pengecekan peralatan dan kondisi lapangan adalah :
- Memakai seragam khusus atau wearpack
- Memakai safety shoes
- Memakai helm
- Memakai masker baik yang carbon maupun masker kesehatan hijau (3 ply)
- Memakai masker tabung (3 M)
- Memakai sarung tangan katun atau dotting
- Membawa senter ketika malam hari
- Membawa alat komunikasi radio (HT)
- Membawa majun
- Memakai earplug jika dibutuhkan
- Jika terjadi kebocoran pada line ash silo, sediakan karet untuk maintenance kebocoran tersebut
- Membawa form pengecekan peralatan dan kondisi lapangan


Hal yang harus dihindari saat pengecekan lokal atau kondisi lapangan adalah merokok disembarang tempat karena hampir 85% PLTU berbahan batubara sangat riskan kebakaran. Jika malam hari sebaiknya pengecekan peralatan serta lapangan harus 2 orang jangan sendiri. Laporkan langsung kepada atasan yang sedang bertugas apabila menemukan kerusakan peralatan dan kondisi lapangan yang kurang mendukung atau menimbulkan potensi bahaya.

Tentunya keselamatan dan kesehatan kerja pada operator lokal atau orang yang bekerja di PLTU tergantung dari kesadaran pribadi dan saling sinergi antar sesama orang yang bekerja di PLTU untuk saling mengingatkan jika UNSAFE CONDITION dan UNSAFE ACTION untuk meminimalisir angka kecelakaan kerja dan pengaruh kesehatan kerja.

Perlu diketahui seksama debu batubara sangatlah berbahaya bagi kesehatan untuk jangka lama maka diperlukan pencegahan setiap harinya serta setiap tahunnya (MCU pertahun) agar kesehatan para orang yang bekerja di PLTU terjaga.


Demikian pembahasan mengenai yang harus dipakai saat pengecekan lokal atau kondisi lapangan pada coal handling serta ash handling system pada PLTU berbahan bakar batubara. Semoga bermanfaat.
Post a Comment
Click to comment