ADS 11

Simulator Pengoperasian Boiler Bagian Pengoperasian Fan - Fan dan Boiler Purging (Pembilasan Ruang Bakar)

DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK - Pada kesempatan kali ini duniapembangkitlistrik.com akan menbahas mengenai Simulator Pengoperasian Boiler Bagian Pengoperasian Fan - Fan dan Boiler Purging (Pembilasan Ruang Bakar). Baiklah, berikut penjelasan lengkapnya. Selamat membaca.

Boiler

Pengoperasian Fan - Fan 

Penggunaan fan pada  PLTU batubara lebih dari satu jenis, yaitu ID fan, FD fan, PA fan dan ada pula yang dilengkapi dengan GR fan.

Pada dasarnya pengoperasian semua fan prosedurnya sama, bila ada perbedaan hanya karena perlengkapannya  yang berbeda. Pada saat fan akan distart vane atau damper sisi masuk fan harus tertutup.
- Tekan tombol start (on)
- Tunggu beberapa saat, fan akan start
- Periksa : ampere , pelumas, dan pendinginnya serta vibrasi
- Atur aliran dengan membuka vane sisi masuk fan.

Boiler Purging (Pembilasan Ruang Bakar)

Sebelum melakukan penyalaan pertama pada ketel, ruang bakar dan saluran gas harus di purging (dibilas). Tujuan dari purge ini adalah untuk membuang gas yang dapat terbakar (combustible gas) dari dalam ketel. Gas yang dapat terbakar yang terdapat didalam ketel berasal dari bahan bakar yang tidak terbakar. Ketika ketel beroperasi selalu ada resiko masuknya bahan bakar yang tidak terbakar kedalam ketel. Untuk memastikan bahwa ketel sudah bersih dari combustible gas, maka purging dilakukan selama sekitar 3 - 5 menit.

 1. Persiapan purge

Untuk dapat melakukan purging diperlukan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Persyaratan untuk melakukan purge antara ketel yang satu dengan yang lain dapat saja berbeda, tetapi persyaratan utama pada prinsipnya sama.

Persyaratan tersebut antara lain adalah sebagai beikut :

- Aliran udara lebih besar dari 30 % aliran beban penuh
- Katup penutup cepat (trip valve) bahan bakar penyala tertutup
- Tekanan ruang bakar sudah sesuai
- Katup penutup cepat bahan bakar  utama tertutup
- Semua damper dan vane udara dan gas terbuka
- Level air di drum ketel diatas batas minimum
- Tidak ada nyala api di ruang bakar
- Tidak sedang menjalankan pembakaran
- Ketel tidak sedang trip.

Untuk memperoleh aliran udara lebih besar dari 30 %, dilakukan dengan mengatur inlet vane dari FD fan. Sementara untuk mengisi air ke drum boiler dapat dilakukan dengan menggunakan pompa kondensat dan pompa BFP.  Bila semua persyaratan tersebut terpenuhi, maka lampu penunjuk tanda persyaratan purging terpenuhi menyala.

2. Prosedur purging

Apabila persiapan dan persyaratan purging telah terpenuhi, maka purging dapat dilakukan . Prosedur purging dilakukan dengan cara mengalirkan udara ke ruang bakar dan semua saluran gas dengan aliran lebih minimal 30 % aliran beban penuh selama waktu sekitar 5 menit.

Selama proses purging berlangsung kondisi ketel dijaga stabil seperti sesat sebelumpurging. Jadi semua parameter dari alat yang beroperasi dijaga untuk tidak berubah dan tidak melakukan start atau stop suatu alat. Pada dasarnya purging sudah mulai berlangsung pada saat FD fan mulai beroperasi dengan adanya aliran udara ke ruang bakar. Tetapi untuk memastikan bahwa purging telah dilakukan dengan yang benar, maka dibuat prosedur seperti tersebut diatas.

Apabila pada saat proses purging sedang berlangsung  salah satu parameter yang merupakan persyaratan purging berubah harganya, maka purging batal dan alarm gangguan muncul di panel.  Jika proses purging gagal, artinya belum selesai sesuai dengan set waktu yang telah ditentukan  salah satu parameter berubah, maka purging harus diulang dari awal.

Ketika purging telah selesai (komplit) akan muncul pemberitahuan yang menyatakan bahwa purging telah selesai. Pengoperasian ignitor yang pertama pada saat start boiler dilakukan setelah purging ruang bakar (ketel) selesai.

Demikian pembahasan mengenai Simulator Pengoperasian Boiler Bagian Pengoperasian Fan - Fan dan Boiler Purging (Pembilasan Ruang Bakar). Semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Simulator Pengoperasian Boiler Bagian Pengoperasian Fan - Fan dan Boiler Purging (Pembilasan Ruang Bakar)"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel