Peringatan Bagi Pengemudi Atau Operator Kendaraan Berat

DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK - Pada kesempatan kali ini duniapembangkitlistrik.com akan membahas mengenai peringatan bagi pengemudi atau operator yang menjalankan alat berat. Baiklah, berikut penjelasannya. Selamat membaca.


Peringatan Bagi Pengemudi Atau Operator Kendaraan Berat

Mengoperasikan kendaraan berat di kepembangkitan bukanlah semudah membalikkan telapak tangan kita dan juga tidak sembarangan orang yang mengendarainya. Dari pengalaman saya selama bekerja di dunia kepembangkitan operator alat berat atau kendaraan berat tidaklah harus mempunyai pengalaman mengendarai alat berat akan tetapi lebih baik sudah mempunyai pengalaman tersebut.


Operator kendaraan berat akan mendapatkan sejumlah training tentang alat berat. Mulai dari pengenalan, pengoperasian bahkan sertifikasi. Banyak rekan kerja saya mendapatkan pelatihan tersebut. Instruktur pelatihannya pun kerjasama dengan perusahaan alat berat bahkan depnaker daerah setempat. Singkatnya jika operator kendaraan berat tidak mempunyai lisensi atau SIO (SURAT IJIN OPERATOR) kendaraan berat tidak bisa mengoperasikannya.


Syarat mengajukan SIO antara lain melampirkan foto 2×2 dan 3×4, surat pengantar dari perusahaan tempat operator bekerja ke disnaker setempat, riwayat hidup operator dan mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh badan inspeksi independent untuk proses sertifikasinya. Hal itu mengacu pada PER.09/MEN/VII/2010 dan PER.05/MEN/1985 perlu adanya perlindungan atas keselamatan dan kesehatan kerja setiap tenaga kerja yang melakukan pembuatan, pemasangan, pemakaian, persyaratan pesawat angkat dan angkut. Maka, setiap operator alat berat perlu adanya SIO.



Itu merupakan sedikit gambaran mengenai pengalaman tentang operator alat berat. Baiklah, kita menuju ke inti pembahasannya.


PERINGATAN UNTUK PENGEMUDI

1. Ketika melewati lapangan batubara hanya boleh melalui rute yang telah ditentukan
2. Harus memperhatikan faktor yang aman dan bertanggung jawab sewaktu mengendari kendaraan
3. Pemeriksaan harian harus dilaksanakan
4. Lihat sekeliling sebelum bergerak
5. Kerusakan harus segera dilaporkan terutama pada sistem rem dan kemudi
6. Hati-hati terhadap pejalan kaki lain dan kendaraan lain, pergunakan klakson bila perlu
7. Hanya pengemudi yang diberikan kuasa yang berhak menjalankan alat berat
8. Penumpang tidak diizinkan ikut, kecuali dalam hal-hal khusus
9. Tidak diizinkan mundur mendekati lereng yang curam
10. Sebelum meninggalkan kendaraan turunkan bucket ke lantai dan matikan mesin
11. Sabuk pengaman harus dipakai saat mengemudikan kendaraan berat
12. Pada malam hari, gunakan lampu penerangan saat menjalankan kendaraan berat
13. Memakai masker anti debu batubara

Dari 12 point diatas yang sering saya jumpai waktu dilapangan ialah nomor 11 dan 13. Dimana hampir mayoritas semua operator atau pengemudi kendaraan berat lupa memakai sabuk pengaman serta memakai masker. Bagaimana ditempat Anda bekerja, apakah operator alat berat sama lupa memakai sabuk pengaman dan masker ?


Demikian penjelasan mengenai peringatan untuk pengemudi kendaraan berat. Semoga bermanfaat.
Post a Comment
Click to comment