Perilaku atau Tindakan dan Pekerjaan Yang Dilarang Diarea SUTET (Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi) dan SUTM (Saluran Udara Tegangan Menegah)

DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK - Pada kesempatan kali ini duniapembangkitlistrik.com akan membahas mengenai hal - hal yang DILARANG  di area SUTM dan SUTET miliki PLN. Baiklah, berikut ini penjelasannya. Selamat membaca.


Pegawai PLN Sedang Melakukan Perbaikan Jaringan Listrik

Saat ini masih banyak masyarakat yang mengabaikan keselamatan dan kurang perhatian dengan mendirikan rumah dan bangunan di bawah Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) beserta Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM). Bukan hanya itu banyak juga masyarakat melakukan penyimpangan perilaku contohnya mencuri listrik atau nyantol (bahasa kerennya) disamping membahaya bagi masyarakat itu sendiri dan kerugian bagi PLN.


Berikut ini perbuatan, tindakan serta pekerjaan yang dilarang diarea SUTET dan SUTM, antara lain sebagai berikut :


1. Dilarang menembak burung di jaringan atau kabel pada SUTM (Saluran Udara Tegangan Menengah) dan SUTET (Saluran Udara Tegangan Tinggi). Jika menembak burung bisa on position alias tertembak sesuai bidikan tidaklah mengapa, tetapi fatal jika melesat terkena  kabel SUTM atau SUTET bisa menyebabkan listrik PADAM yang tentunya dirugikan adalah masyarakat sendiri.


2. Dilarang menjoloh atau melempari kabel SUTET atau SUTM


3. Memanjat tower SUTET atau tiang listrik dengan sembarang tanpa ada izin tertulis dari pihak yang bersangkutan (PLN). Dapat mengakibatkan KORBAN JIWA khususnya yang memanjat karena bisa tersenggat listrik tegangan tinggi.


4. Dilarang bermain layang -layang diarea SUTET atau dekat tiang listrik (SUTM). Dapat mengakibatkan KORBAN JIWA khususnya yang bermain apabila memakai benang kawat. Akibat lain, mengakibatkan PADAM aliran listrik, kita tidak apakah waktu padam jaringan itu tersambung untuk pasokan ke suatu rumah sakit yang sedang melaksanakan operasi, dan pertolongan di ICU tentu akan menambah korban jiwa.


5. Menggaki pasir atau tanah dekat dengan tower SUTET dan tiang SUTM

Baca juga : Pengertian SUTET (Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi)

6. Membangun rumah atau bangunan yang TERLALU TINGGI hampir bahkan bersentuhan dengan kabel SUTET dan SUTM

7. Jangan biarkan pohon disekitar Anda sampai terlalu tinggi dan menyentuh kabel listrik.

8. Bermain balon terbang dari plastik. Bila balon udara tersangkut dikabel listrik hal yang dapat terjadi adalah kabel bisa terbakar dan padam pada aliran listrik.

9. Membakar sampah atau benda lainnya dibawah area SUTET atau SUTM.

10. Mencuri listrik dengan cara yang tidak dibenarkan yang dapat merugikan PLN bahkan masyarakat.

11. Memasang instalasi listrik sendiri dengan ceroboh dan tanpa koordinas dengan pihak PLN sama sekali

Perbuatan diatas sangat berbahaya sekali karena bisa menganggu sistem jaringan listrik dan pasokan aliran listrik ke masyarakat. Perlu diketahui untuk maintenance atau perbaikan jaringan listrik membutuhkan banyak hari bukan hanya sehari, seminggu bahkan berbulan-bulan.

Sekedar mengingatkan bagi semuanya, jika menemukan penyimpangan perbuatan atau tindakan bahkan pekerjaan yang dilarang diarea SUTET atau SUTM (diatas yang telah dijelaskan no. 1-10) silahkan adukan Anda pesan Anda pada pihak PLN dengan menghubungi PLN Call Center dengan mengubungi dari ponsel atau telepon Anda di 123 atau (kode area domisili Anda) 123 atau bisa membuka portal website resmi PLN atau diakun sosial media resmi PLN. Atau bisa laporkan ke PLN dekat Anda.

Mari budayakan sikap penuh perhatian terhadap lingkungan kita. Listrik untuk kehidupan yang lebih baik. Dan jangan lupa bayar lsitrik rutin setiap bulan sebelum tanggal 20 ya.


Demikian penjelasan mengenai perbuatan, tindakan bahkan pekerjaan yang dilarang diarea SUTET dan SUTM. Semoga bermanfaat.
Post a Comment
Click to comment