ADS 11

Mengenal Macam - Macam Sumber Energi Disekitar Kita | DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK

DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK - Pada kesempatan ini duniapembangkitlistrik.com akan mengajak Anda semua untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai macam-macam sumber energi disekitar kita. Baiklah, berikut ini detail informasinya. Selamat membaca.

Sinar Matahari

Mengapa mobil dapat berjalan? Untuk berjalan, mobil memerlukan bensin (bahan bakar). Apabila bensinnya habis, mobil tidak dapat berjalan. Kemampuan yang dimiliki bensin untuk menjalankan mobil disebut energi. Sesuatu yang menghasilkan energi disebut sumber energi. Oleh karena itu, bensin termasuk sumber energi. Dapatkah Anda menyebutkan sumber energi yang lain?

Banyak sumber energi disekitar kita. Contoh sumber energi adalah makanan, LPG, kayu bakar, baterai, listrik, sinar matahari, air dan angin.

Makanan

Fungsi makanan sebagai sumber energi dapat kamu rasakan pada saat lapar. Pada saat lapar, tubuh tidak bertenaga. Tubuhmu kembali bertenaga setelah makan dan minum.

LPG

LPG adalah singkatan dari Liquified Petroleum Gas atau gas minyak cair. LPG ditampung dalam tabung yang dihubungkan dengan kompor. Ketika dinyalakan, gas adri tabung mengalir ke kompor. Gas dari tabung inilah yang dibakar sehingga dihasilkan energi panas. Panas itu dapat digunakan untuk memasak.

Kayu Bakar

Kayu bakar adalah kayu yang digunakan untuk bahan bakar. Biasanya, kayu itu dibelah sehingga berukuran kecil. Setelah itu, kayu mudah dibakar. Pembakaran itu menghasilkan panas yang besar. Panas itulah yang merupakan manfaat dari kayu bakar.

Baterai dan Listrik

Mengapa lampu senter dapat menghasilkan cahaya? Jika kamu buka, di dalam lampu senter terdapat baterai. Baterai itulah yang menyebabkan lampu senter dapat menyala. Baterai menyimpan energi listrik. Energi itu berasal dari bahan kimia yang ada didalamnya. Oleh karena itu, baterai dapat diproduksi dengan kapasitas besar. Energi yang ada dalam baterai banyak digunakan untuk kalkulator, jam dinding, dan mainan anak-anak. Energi yang tersimpan didalam baterai sangat terbatas. Jika dipakai secara terus menerus, energi dalam baterai akan habis. Setelah habis, baterai tidak bisa digunakan kembali.

Dalam kehidupan sehari-hari, yang dimaksud listrik adalah listrik yang dikelola oleh PLN (Perusahaan Listrik Negara). Listrik dari PLN digunakan untuk penerangan dijalan, kebutuhan pabrik dan keperluan rumah tangga. Listrik merupakan energi yang paling banyak digunakan oleh manusia. Banyak peralatan yang kita pakai di kehidupan sehari-hari yamg menggunkan energi listrik, misalnya setrika, kulkas, ac, kipas angin, radio dan televisi. Ketika digunakan, energi listrik diubah menjadi energi bentuk lain. Ketika digunakan untuk menyetrika, energi listrik diubah menjadi energi panas. Ketika digunakan untuk menghidupkan radio, energi listrik dirubah menjadi energi bunyi.

Matahari

Matahari tampak seperti bola kecil bercahaya jika dilihat dari permukaan bumi. Matahari tampak kecil sebab letaknya sangat jauh dari bumi. Namun, sebenarnya matahri jauh lebih besar daripada bumi yang kita tempati.

Walaupun sangat jauh dari bumi, panas dan cahayanya dapat dirasakan dari muka bumi. Hal itu menunjukkan suhu dipermukaan matahari sangat tinggi dan sinar matahari sangat terang. Dari manakah panas dan cahaya matahari?

Energi panas matahari dapat menyebabkan penguapan air. Di angkasa, uap air itu dapat berubah menjadi titik-titik hujan. Energi cahaya matahri dibutuhkan oleh makhluk hidup di bumi. Oleh tumbuhan, energi cahaya matahari diperlukan untuk proses fotosintesis. Fotosintesis merupakan peristiwa pembuatan makanan pada tumbuhan hijau dengan bantuan cahaya matahari. Masih banyak manfaat energi matahari bagi kehidupan di bumi, antara lain sebagai sumber penerangan di bumi, mengeringkan pakaian basah dan mengeringkan barang kerajinan.

Air dan Angin

Air yang berada ditempat yang tinggi mempunyai energi yang sangat besar. Energi yang besar itu dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik. Itulah sebabnya pembangkit listrik tenaga air (PLTA) biasanya terletak didaerah pegunungan.

Angin adalah udara yang bergerak. Angin mempunyai energi gerak yang besar. Energi angin dapat digunakan untuk menggerakkan perahu layar dan memutarkan kincir air. Angin juga bisa dimanfaatkan untuk pembangkit listrik. Belum lama ini, Indonesia telah mempunyai PLTB (Pembangkit Listrik Tenaga Bayu) yang terbesar dan pertama yang dibangun diatas pegunungan di daerah kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan. PLTB ini dapat menghasilkan listrik sebesar 75 MW.


Demikian pembahasan mengenai macam-macam sumber energi disekitar kita. Semoga bisa bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mengenal Macam - Macam Sumber Energi Disekitar Kita | DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel