Pengertian Skun Kabel dan Jenis-Jenis Skun Kabel

Skun Kabel

DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK - Pada kesempatan kali ini duniapembangkitlistrik.com akan mengajak Anda untuk membahas mengenai skun kabel. Baiklah, berikut penjelasannya. Selamat membaca.
Bahasa indonesia lebih simpel di sebut Skun kabel. Skun kabel sering juga disebut sepatu kabel, atau Cable lug. Skun kabel adalah salah satu accessories kabel yang berfungsi untuk penyambungan kabel ke terminal atau panel dengan dibautkan pada bussbar atau panel. Kabel Skun Ring (ring kabel) adalah kepala kabel, kabel terminating atau lebih dikenal dengan sepatu kabel (Cable Shoes) terbuat dari tembaga Skun kabel atau cable schoen atau kabel lug adalah sama sama sepatu kabel, yang  ber fungsi untuk penyambungan kabel ke terminal atau dengan dibautkan pada  bussbar atau panel. Ada berbagai jenis skun Almunium, tembaga, maupun almunium-tembaga, serta berbagai ukuran 35mm, 50mm, 70mm, 95mm, 120mm, 150mm, 240mm, 300mm, 400mm, 500mm, 630mm. Tergantung jenis kabel dan ukuran.
Untuk kebutuhan penyambungan kabel jaringan listrik (Terminasi), Skun kabel terdiri dari beberapa jenis, yaitu :
  • Kabel skun AL (aluminium).
  • Kabel skun CU (tembaga).
  • Kabel skun AL-CU (bimetal).
Ada beberapa jenis skun yang sering dipakai, yaitu:
Skun Garpu
Adalah jenis skun yang digunakan sebagai penyambung dan koneksi antara kabel dengan alat listrik dan instrument. Kabel skun terbuat dari tembaga, sehingga memiliki daya hantar listrik yang baik. Kebanyakan skun bentuk garpu telah melalui proses krom sehingga tidak mudah oksidasi dan berkarat. Skun garpu biasanya digunakan untuk menghubungkan kabel dengan instrument pada berbagai instalasi listrik, panel listrik, electronic dan otomotif. Bentuk kepala seperti garpu sengaja dibuat sehingga mudah untuk dipasang dan dilepas. Skun garpu biasanya juga sering di press menggunakan tang crimping.
Skun Ring (ring kabel)
Sambungan bulatan mata itik sebenarnya bukanlah sambungan untuk menghubungkan kabel satu degan kabel lainnya. Sambungan ini adalah penghubung kabel berinti tunggal (NYA) yang tidak dilengkapi skun (kaki kabel) pada suatu komponen kelistrikan yang sambunganya menggunakan baud atau skrup. Biasanya pada piting lampu. Cara membuat bulatan mata ititk bisa menggunakan tang pembulat atau tang lancip. Nantinya ketika pemasangan, usahakan posisi penyimpanan sambungan ini searah dengan jarum jam. Karena pada posisi seperti itu, ketika baud diputarkan maka sambungan bulatan mata itik akan ikut mengencangkan. Contoh pengunaan skun ring pada mata Itik Pengupasan kabel yaitu melepaskan sebagian isolasi, sehingga terlihat urat tembaganya, panjang kupasan disesuaikan dengan kebutuhan. Penekuk kabel yaitu pembentukan kabel sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Sedang sambung mata itik yaitu sambungan yang menggunakan media mm bow, maka diameter mata itik disesuaikan dengan diameter  bow.

Pada pengaturan kabel NYA ini perlu memperhatikan hal-hal sebagai  berikut :
1. Arah lingkar mata kabel harus sesuai dengan anar putar anak baut  penyekrup.
 2. Tekukan kabel tidak boleh luka.
3. Diameter sambungan mata itik sama dengan diameter luar baut  penyekrup.
4. Jarak sama antara tiap kabel harus sejajar.
5. Jarak kumparan mata kabel pada tiap mata kabel harus sama.
6. Tekukan vertikal antara tiap kabel harus sejajar.

Pada pengaturan kabel NYA ini perlu memperhatikan hal-hal sebagai  berikut :
1. Arah lingkar mata kabel harus sesuai dengan anah putar anak baut  penyekrup. 
2. Tekukan kabel tidak boleh luka. Diameter sambungan mata itik sama dengan diameter luar baut  penyekrup.
4. Jarak sama antara tiap kabel harus sejajar.
5. Jarak kumparan mata kabel pada tiap mata kabel harus sama.
6. Tekukan vertikal antara tiap kabel harus sejajar.

Demikian pembahasan mengenai skun kabel. Semoga bermanfaat bagi kita semua.
Post a Comment
Click to comment