ADS 11

Pengertian, Fungsi dan Tempat Pemasangan Stop Kontak

Stop Kontak


DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK - Pada kesempatan kali ini duniapembangkitlistrik.com akan mengajak Anda untuk membahas mengenai pengertian, fungsi dan tempat pemasangan stop kontak. Baiklah, berikut penjelasannya. Selamat membaca

Stop Kontak banyak digunakan pada instalasi listrik rumah , gedung maupun pada industri , manfaat yang sangat besar pada sumber listrik untuk kebutuhan berbagai macam keperluan.

Pengertian Stop Kontak


Stop kontak adalah sebuah alat pemutus ketika terjadi kontak antara arus positif , negatif dan grounding pada instalasi listrik.


Stop kontak merupakan material instalasi listrik yang berfungsi sebagai pusat penghubung antara arus listrik dan peralatan listrik.

Kegunaan / Fungsi Stop Kontak
  • Stop kontak kecil merupakan stop kontak dengan dua lubang (kanal) yang berfungsi untuk menyalurkan listrik pada daya rendah ke alat-alat listrik melalui steker yang juga berjenis kecil. 
  • Stop kontak besar, juga nerupakan stop kontak dengan dua kanal AC yang dilengkapi dengan lempeng logam pada sisi atas dan bawah kanal AC yang berfungsi sebagai ground.sakelar jenis ini biasanya digunakan untuk daya yang lebih besar.
Berdasarkan tempat pemasangannya 
  • Stop kontak in bow merupakan stop kontak yang dipasang di dalam tembok. 
  • Stop kontak out bow, yang dipasang di luar tembok atau hanya diletakkan di permukaan tembok pada saat berfungsi sebagai stop kontak portable.
Demikian, pembahasan mengenai pengertian, fungsi dan tempat pemasangan dari stop kontak. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian, Fungsi dan Tempat Pemasangan Stop Kontak"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel