01 July 2018

Listrik Padam? PLN Jangan Disalahkan? Begini Penjelasannya


DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK – Pernahkan Anda berpikir bagaimana perjalanan panjang listrik yang kita pakai sehari-hari selama ini?

Pada kesempatan ini, kami akan berbagi pengetahuan bagaimana listrik bisa sampai kerumah, sehingga bisa untuk menyalakan tv, setrika dan komputer yang Anda buat baca blog ini. Kelihatannya sepele ya, kalau dirumah pakai listrik tinggal main colok langsung nyala. Kalau listrik padam yang ada pada ngomel-ngomel menyalahkan PLN , Menteri hingga sampai Presiden. Perlu Anda ketahui untuk sampai ke konsumen membutuhkan perjalanan yang panjang dan penuh resiko untuk pegawai PLN nya sendiri.

Apabila Anda, ada pertanyaan serta saran maupun kritik bisa Anda sampaikan pada HUBUNGI KAMI atau klik disini. Selamat membaca.

Sebelum ke intinya, siapa penemu listrik pertama kali?


SIAPA YANG MENEMUKAN LISTRIK PERTAMA KALI?

Michael Faraday (Google)
Ada beberapa pendapat yang menyatakan listrik pertama kali ditemukan oleh Thales. Ia adalah seorang cendikiawan Yunani yang menemukan fenomena dari batu ambar, yaitu arus listrik terjadi ketika batu ambar digosok-gosok akan bisa menarik bulu, tetapi menurut sejarah dan orang yang pantas dijuluki sebagai “Bapak Listrik” adalah Michael Faraday, karena usaha dan penemuannya menjadi sangat berguna dan membawa kebaikan dan kemudian mempengaruhi kehidupan semua orang yang ada didunia. Jadi, menurut sumber terpercaya orang yang paling berjasa dan yang tercatat dalam sejarah sebagai penemu listrik adalah Michael Faraday.


TAHAP AWAL

Pemanfaatan Listrik (Google)
Sebelum kita masuk lebih ke jaringan PLN terlebih dahulu kita harus tahu listrik itu berasal dari mana. Listrik yang kita nikmati selama ini berasal dari pembangkit listrik yang, menghasilkan listrik, dalam menghasilkan listrik PLN banyak menggunakan energi dasarnya seperti energi air, uap, diesel, angin, gas bumi, dll. Semua energi tersebut digunakan untuk menghasilkan listrik. Secara garis besar dalam menghasilkan listrik kita ambil contoh PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air) dimana pembangkit jenis ini menggunakan gaya potensial air untuk menggerakkan turbin yang kemudian turbin itu berputar dan menggerakkan rotor pada generator, disaat rotor itu berputar bertemu dengan stator (komponen atau lilitan yang mengelilingi rotor) maka akan menghasilkan gaya elektromagnetik yang menghasilkan listrik.


TAHAP KEDUA

Gardu Induk PLTU (Google)
Kemudian dari generator akan disalurkan ke GI (Gardu Induk) pembangkit untuk distep up ke tegangan 150 kV (kilo volt) dan kemudian disalurkan lewat SUTT(saluran udara tegangan tinggi). Dengan SUTT ini tegangan dari pembangkit dimungkinkan untuk disalurkan kedaerah-daerah yang memerlukan listrik. Baca juga : Pengertian Transformator Step Up dan Step Down

Kemudian dari SUTT tegangan 150 kV diturunkan menjadi 20 kV lewat gardu induk dan disalurkan lewat SUTM (saluran udara tegangan menengah), kita bisa menjumpai SUTM ini dipinggir jalan, banyak sekali tiang SUTM dengan 3 kawat.


TAHAP KETIGA

Saluran Udara Tegangan Menegah / SUTM (Google)
Setelah melalui SUTM kemudia untuk bisa masuk kerumah penduduk tidak mungkin menggunakan tegangan 20 kV untuk penduduk selain sangat berbahaya, tidak ada alat elektronik yang menggunakan tegangan 20 kV untuk menghidupkannya, mayoritas elektronik menggunakan tegangan 220 V.

Untuk bisa menjadi tegangan 220 V tegangan pada SUTM diturunkan kembali dengan menggunakan trafo step down dari 20 kV menjadi 220 V yang kemudian masuk melalui KWH meter PLN ke rumah-rumah penduduk.



LALU, MENGAPA LISTRIK DI RUMAH KITA BISA PADAM ?

Ilustrasi Lampu (Google)
Perlu diketahui PLN tidak mungkin memadamkan listrik tanpa alasan. Listrik sering kali padam pada waktu tertentu dan itu mendadak tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Sebenarnya listrik itu padam karena beberapa faktor yang menyebabkan lsitrik padam. Seperti gangguan alam contohnya pohon roboh, banjir, petir, bisa juga karena mesin pembangkit yang mengalami defisit dan itu terkadang bersifat mendadak atau tidak bisa direncanakan.

Karena, kita tahu bahwa kawat SUTM tanpa pembungkus jadi, apabila SUTM terkena pohon akan menyebabkan arus lebih pada SUTM sehingga relay pada pembangkit atau pada pengaman akan mendeteksinya dan menyebabkan listrik mati. Usaha ini dilakukan bertujuan untuk melindungi mesin dari goncangan karena frekuensi yang melonjak tinggi dengan cepat dan agar gangguan tersebut tidak meluas.

Sistem proteksi pada pembangkit sangatlah sensitif pada arus lebih. Sehingga apabila ada gangguan petugas akan segera menanggulangi gangguan tersebut. Jadi, apabila listrik dirumah kita padam secara tiba-tiba itu bisa disebabkan oleh beberapa faktor tersebut.


Demikian mengenai penjelasan perjalanan panjang listrik yang selama ini kita pakai dalam kehidupan sehari-hari. Semoga dapat menambah wawasan kita mengenai listrik PLN. Apabila listrik padam kita dilarang mengomel kepada PLN maupun ke stake holder yang terkait. Pemadaman listrik terjadi disebabkan banyak faktor yang diantaranya telah dijelaskan diatas tadi. Ingat bahwasanya membuat listrik tidaklah mudah dan penuh resiko daripada pegawai atau petugas PLN nya. Dan kita sebagai konsumennya PLN wajib mematuhi anjuran serta larangan yang diberikan oleh PLN antara lain bayar tagihan listrik tepat waktunya, dilarang mencuri listrik sangat berbahaya dan periksa kembali usia dan kelayakan instalasi listrik dirumah Anda, gunakanlah kabel dengan SNI. Baca juga : Tips Agar Tidak Tersengat Listrik

Artikel Terkait