28 July 2018

Pengaruh Energi dalam Kehidupan Sehari-hari | Dunia Pembangkit Listrik

Kincir Angin


DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK - Tahukah kamu apakah yang dimaksud dengan energi? Kamu dapat mengenal energi melalui pengaruhnya. Dalam kehidupan sehari-hari, energi dapat dirasakan sebagai panas, gerak, atau bunyi.

Pada kesempatan kali ini duniapembangkitlistrik.com akan mengajak Anda untuk membahas mengenai pengaruh energi dalam kehidupan sehari-hari. Baiklah, berikut penjelasannya. Selamat membaca.

1. Energi Panas

Matahari memancarkan cahaya dan panas. Adanya cahaya matahari menyebabkan siang menjadi terang. Adapun panas matahari merupakan energi yang kita manfaatkan setiap hari. Misalnya, panas matahari kita gunakan untuk mengeringkan pakaian. Untuk membuktikannya hal itu, lakukan kegiatan berikut.

Sediakan dua sapu tangan yang sama ukuran dan jenisnya. Lalu basahilah kedua sapu tangan itu dengan cara mencelupkan pada air. Jemurlah salah satu sapu tangan dibawah panas matahari, sedangkan yang lain ditempat yang teduh. Setelah 30 menit, bandingkan keduanya. Manakah yang lebih kering?

Kegiatan diatas menunjukkan, sapu tangan yang dijemur dibawah panas matahari lebih kering daripada saputangan yang dijemur ditempat yang teduh. Hal ini berarti panas matahari dapat menguapkan air yang ada di saputangan.

Energi panas juga dapat kamu rasakan dengan cara menggosokkan kedua telapak tanganmu. Jika kamu gosokkan kedua telapak tanganmu, kamu dapat merasakan telapak tanganmu menjadi panas. Panas itu timbul karena gesekan antar dua telapak tangan. Untuk menggerakkan dua telapak tanganmu, kamu memerlukan energi. Energi itu diperoleh dari makanan yang kamu makan. Selanjutnya, energi itu dirubah menjadi energi gerak oleh kedua telapak tanganmu. Berdasarkan kenyataan itu, dapat disimpulkan bahwa energi itu dapat dirasakan, tetapi tidak bisa dilihat.

2. Energi Gerak

Energi gerak dimiliki oleh benda yang bergerak. Contoh benda itu adalah kincir angin yang berputar jika ditiup oleh angin. Angin merupakan udara yang bergerak. Contoh udara adalah udara pernapasan.

Kincir angin juga akan berputar jika dibawa lari. Hal ini terjadi karena pada saat dibawa lari, angin mendorong daun kincir. Kincir dapat berputar lebih cepat jika daun kincir diperbanyak atau diperbesar.

3. Energi Bunyi

Pernahkah kamu menyaksikan pertunjukkan musik? Pada pertunjukkan itu, alat musik dibunyikan untuk mengiringi lagu yang dibawakan oleh penyanyi. Pada saat itu, alat musik menghasilkan bunyi yang menyenangkan. Tahukah kamu bahwa bunyi merupakan bentuk energi. Pernahkah kamu melihat orang yang memetik gitar? Bagaimana bunyi gitar dapat terjadi?

Gitar dapat menghasilkan bunyi jika senarnya dipetik. Memetik gitar memerlukan energi. Energi itu merupakan tenaga yang ada dalam tubuh yang diubah menjadi gerakan tangan. Hal ini berarti bunyi merupakan bentuk energi.


Baca juga : Macam-macam Sumber Energi di Sekitar Kehidupan Sehari-hari


4. Energi Listrik

Adakah listrik dirumahmu? Apakah kegunaan energi listrik? Energi listrik merupakan energi yang paling banyak digunakan oleh manusia. Hal itu disebabkan energi listrik paling mudah diubah bentuknya menjadi energi bentuk lain, mudah dibangkitkan dan harganya relatif murah. Selain itu, energi listrik juga dpindahkan dari satu tempat ke tempat lain. Sebagian besar energi listrik digunakan untuk penerangan (menyalakan lampu) dan menjalankan peralatan rumah tangga serta untuk kegiatan produksi pabrik.

5. Energi Kimia

Energi kimia adalah energi yang terkandung dalam benda. Contohnya adalah baterai dan aki. Baterai banyak dipasang pada jam dan kalkulator. Aki banyak dipasang pada sepeda motor dan mobil. Tahukah kamu, apakah fungsi baterai dan aki dipasang pada alat-alat tersebut? Tentunya untuk menyalakan jam dinding dan menyalakan sepeda motor. Pada pembangkit listrik berbahan bakar batu bara yang menjadi energi kimia adalah batu bara.


Demikian pembahasan mengenai pengaruh energi dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Artikel Terkait